ISOLASI TRITERPENOID DAN UJI ANTIOKSIDAN DARI FRAKSI ETIL ASETAT KULIT BATANG MERANTI MERAH (Shorea singkawang (Miq).Miq)

ISMARTI, ISMARTI (2011) ISOLASI TRITERPENOID DAN UJI ANTIOKSIDAN DARI FRAKSI ETIL ASETAT KULIT BATANG MERANTI MERAH (Shorea singkawang (Miq).Miq). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (TESIS)
CRV0349.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Shorea singkawang (Miq).Miq (Meranti merah) adalah tumbuhan obat yang termasuk salah satu spesies dari tumbuhan family Dipterocarpaceae, yang buahnya digunakan sebagai pengawet makanan dan obat-obatan. Pada bagian akar, batang, daun dan buah tumbuhan Shorea, diduga mengandung metabolit sekunder yang berfungsi sebagai, antioksidan, antibakteri, anti rayap, anti cancer, antifugal dan sitotoksik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kulit batang. Kemudian dilakukan maserasi dengan menggunakan pelarut n-heksana dan selanjutnya ampas dimaserasi kembali dengan pelarut etil asetat. Pemisahan senyawa-senyawa dalam ekstrak kental etil asetat dilakukan menggunakan kolom kromatografi vakum cair dengan metoda SGP (Step Gradient Polarity). Senyawa yang diperoleh dilakukan pemurnian menggunakan KLT, di elusi berberbagai tingkat kepolaran eluen, menghasilkan noda tunggal, dengan titik leleh 243- 245 oC dan berat 23 mg. Hasil analisis spektroskopi ultraviolet (UV), inframerah (IR), dan GC-MS menunjukkan bahwa senyawa hasil isolasi adalah senyawa triterpenoid penta siklik yang mempunyai gugus ester, benzenoid, karboksilat, dan hidroksi, dengan berat molekul 592 gr / mol akan tetapi posisi substituen belum dapat ditentukan secara tepat. Pengujian aktivitas antioksidan fraksi etil asetat terhadap. DPPH dengan variasi konsentrasi memberikan nilai EC50 sebesar 82 ppm menunjukkan bahwa fraksi etil asetat aktif sebagai antioksidan. Kata kunci: Shorea singkawang (Miq).Miq, triterpenoid, antioksidan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 23 Aug 2016 09:53
Last Modified: 23 Aug 2016 09:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15541

Actions (login required)

View Item View Item