ANALISIS PENGARUH UPAH MINIMUM DAN PENAWARAN TENAGA KERJA TERHADAP ANGKA PENGANGGURAN DI KOTA PADANG (ANALISIS TAHUN 2001-2010)

WIDYA, RUSFITASARI (2013) ANALISIS PENGARUH UPAH MINIMUM DAN PENAWARAN TENAGA KERJA TERHADAP ANGKA PENGANGGURAN DI KOTA PADANG (ANALISIS TAHUN 2001-2010). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
2208201615.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh upah minimum (X1) dan penawaran tenaga kerja (X2) terhadap angka pengangguran di Kota Padang. Data yang digunakan adalah data time series berupa data sekunder dengan jangka waktu 10 (sepuluh) tahun dari tahun 2001-2010. Uji analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan uji statistik parsial (uji t) dengan derajat keyakinan 95 persen. Dilakukan Uji F dan diukur dengan Uji R2 (uji determinan). Disamping itu juga dilakukan uji penyimpangan asumsi klasik berupa uji multikolinearitas, autokorelasi, heterokedastisitas dan normalitas. Hasil penelitian ini telah menggunakan hipotesis bahwa upah minimum (X1) naik maka akan menurunkan jumlah pengangguran (Y). Apabila penawaran tenaga kerja (X2) naik maka akan meningkatkan Jumlah pengangguran (Y). Kesimpulan yang dapat diambil dalam penulisan ini adalah bahwa kenaikan upah minimum berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah pengangguran. Kenaikan penawaran tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap angka pengangguran. Kata Kunci : Pengangguran Terbuka, Upah Minimum Regional, Pencari Kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 23 Aug 2016 09:16
Last Modified: 23 Aug 2016 09:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15522

Actions (login required)

View Item View Item