PERBANDINGAN PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN PETANI PALA (Myristica fragan haitt) ANTARA PENJUALAN DALAM BENTUK BASAH DAN KERING DI KECAMATAN TANJUNG RAYA KABUPATEN AGAM

RENY, HIDAYATI (2011) PERBANDINGAN PENDAPATAN DAN KEUNTUNGAN PETANI PALA (Myristica fragan haitt) ANTARA PENJUALAN DALAM BENTUK BASAH DAN KERING DI KECAMATAN TANJUNG RAYA KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
220820168.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai Juni 2011, bertujuan untuk Menganalisis perbandingan pendapatan dan keuntungan petani yang menjual pala dalam bentuk biji basah dan kering di Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam dan mengetahui alasan petani memilih menjual pala dalam bentuk basah dan menjual dalam bentuk kering. Metode yang digunakan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh petani pala yang ada di Kecamatan Tanjung Raya yaitu sebanyak 485 kepala keluarga . Metode pengambilan sampel dilakukan secara secara sengaja (purposive). Sampel yang diambil adalah sebanyak 60 orang dimana 30 orang petani sampel yang menjual pala dalam bentuk basah dan 30 orang petani sampel yang menjual pala dalam bentuk kering. Hasil penelitian menunjukkan: pendapatan dan keuntungan petani yang melakukan penjualan pala dalam bentuk kering lebih besar daripada pendapatan dan keuntungan yang diterima oleh petani yang menjual pala dalam bentuk basah. Masing-masing Rp. 5.919.500,91/100 kg pala kering dan Rp. 4.761.336,96/400 kg pala basah untuk pendapatan dan Rp. 5.779.644,25/100 kg pala kering dan Rp. 4.731.042,59/400 kg pala basah untuk keuntungan. Setelah dilakukan uji t statistik didapatkan bahwa terdapat perbedaan pendapatan dan keuntungan yang nyata diantara kedua bentuk penjualan tersebut. Faktor-faktor yang menyebabkan petani melakukan penjualan pala dalam bentuk basah sebagian besar adalah karena kebutuhan ekonomi yang mendesak, tingkat pendidikan yang rendah dan jumlah pohon pala yang sedikit dibanding petani yang menjual pala dalam bentuk kering. Faktor-faktor yang menyebabkan petani melakukan penjualan pala dalam bentuk kering adalah karena penjualan dalam bentuk ini lebih menguntungkan Saran yang diberikan adalah agar petani yang melakukan penjualan pala dalam bentuk basah beralih ke penjualan dalam bentuk kering karena pendapatan dan keuntungan yang akan diterima lebih besar daripada pendapatan dan keuntungan apabila menjual dalam bentuk basah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 23 Aug 2016 09:09
Last Modified: 23 Aug 2016 09:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15480

Actions (login required)

View Item View Item