PENGARUH TINGKAT KEASAMAN MEDIA SERBUK GERGAJI TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF DAN PRODUKSI JAMUR KUPING HITAM (Auricularia polytricha (Mont.) Sacc)

IRA, WIJAYA PILIANG (2011) PENGARUH TINGKAT KEASAMAN MEDIA SERBUK GERGAJI TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF DAN PRODUKSI JAMUR KUPING HITAM (Auricularia polytricha (Mont.) Sacc). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0327.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)

Abstract

Penelitian mengenai ”Pengaruh Tingkat Keasaman Terhadap Pertumbuhan Vegetatif dan Produksi Jamur Kuping Hitam (Auricularia polytricha (Mont).Sacc)” sudah dilakukan pada bulan Mei sampai Agustus 2011 di Laboratorium Mikrobiologi dan Mikologi dan Fisiologi Tumbuhan, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh tingkat keasaman (pH) air perendam media serbuk gergaji pada pertumbuhan vegetatif dan produksi jamur kuping hitam (Auricularia polytricha (Mont) Sacc). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dianalisa dengan menggunakan RAL dengan perlakuan pH 4, pH 5, pH 6, pH 7 (kontrol), pH 8 dan pH 9. Hasil penelitian menunjukan bahwa pH 8 merupakan pH optimum pertumbuhan jamur kuping hitam dengan karakteristik sebagai berikut: berat tubuh buah tertinggi, tudung buah terlebar dan lama pertumbuhan vegetatif paling cepat sedangkan pada pH 4 memiliki tubuh buah terendah, tudung buah terkecil dan lama pertumbuhan vegetatif paling lambat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 23 Aug 2016 08:54
Last Modified: 23 Aug 2016 08:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15476

Actions (login required)

View Item View Item