PENGARUH PENAMBAHAN DEDAK DAN LAMA PELAPUKAN MEDIA LIMBAH INDUSTRI TEH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus L.)

GUSNIMAR, GUSNIMAR (2011) PENGARUH PENAMBAHAN DEDAK DAN LAMA PELAPUKAN MEDIA LIMBAH INDUSTRI TEH TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus L.). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0326.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian mengenai ”Pengaruh Penambahan Dedak dan Lama Pelapukan Media Limbah Industri Teh terhadap Pertumbuhan dan Produksi Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus L.)” telah dilakukan pada bulan Mei sampai Agustus 2011 di Laboratorium Mikrobiologi dan Mikologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan dedak dan lama pelapukan media limbah industri teh terhadap pertumbuhan dan produksi jamur tiram putih (Pleorotus ostreatus L.). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dalam dua faktor perlakuan dan 2 kali ulangan. Faktor A :Jumlah dedak dan faktor B: lama pelapukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan dedak dan lama pelapukan memberikan pengaruh yang berbeda terhadap pertumbuhan dan produksi jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus L.) pada media limbah industri teh. Perlakuan penambahan dedak sampai 30 % dalam media dihasilkan pertumbuhan vegetatif tercepat walaupun tanpa melalui proses pelapukan, sedangkan berat basah tubuh buah dan diameter tudung tubuh buah tertinggi dihasilkan pada perlakuan tanpa penambahan dedak dan 1 hari pelapukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 22 Aug 2016 10:17
Last Modified: 22 Aug 2016 10:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15471

Actions (login required)

View Item View Item