ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KESEHATAN OLEH PERAWAT DI RSUD ARIFIN ACHMAD PEKANBARU TAHUN 2013

YENI, RIZA (2013) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KESEHATAN OLEH PERAWAT DI RSUD ARIFIN ACHMAD PEKANBARU TAHUN 2013. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (TESIS)
CRV0317.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)

Abstract

Berdasarkan studi dokumentasi di RSUD ArifinAchmad Pekanbaru kurang lebih 2/3 perawat mencatat intervensi pendidikan kesehatan dan melakukan pendidikan kesehatan, namun pelaksanaannya hanya sebatas memberikan informasi secara lisan tanpa menggunakan media ataupun sarana. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor-faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan pendidikan kesehatan di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai September tahun 2013, menggunakan pendekatan Cross sectional study, dilaksanakan di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah 230 perawat dengan sampel 146 perawat. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu menggunakan angket. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah chi square dan regresi logistik. Dari hasil penelitian secara statistik terdapat ada hubungan bermakna antara variabel organisasi yang meliputi sarana dan fasilitas, imbalan dengan pelaksanaan pendidikan kesehatan, begitu juga dengan variabel situasi pekerjaan yang meliputi bimbingan teknis dan supervisi dengan pelaksanaan pendidikan kesehatan dengan, sedangkan untuk karakteristik perawat (sumber daya manusia) yang meliputi : umur, masa kerja, dan pendidikan tidak ada hubungan yang bermakna secara statistik. Secara umum pelaksanaan pendidikan kesehatan di RSUD Arifin Achmad termasuk dalam kategori tidak baik. Dari hasil uji multivariat didapatkan faktor yang paling dominan berhubungan dengan pelaksanaan pendidikan kesehatan adalah faktor sarana dan fasilitas dalam hal menunjang pelaksanaan pendidikan kesehatan. Mengacu pada hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada Pimpinan RSUD Arifin Achmad Pekanbaru agar lebih meningkatkan pemanfaatan pendokumentasian pendidikan kesehatan, dengan adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, maka sangat dimungkinkan bagi perawat untuk memiliki sistem pendokumentasian asuhan yang lebih canggih dengan memanfaatkan perkembangan tehnologi informasi. Kata kunci : peran perawat, pendidikan kesehatan, perawat Referensi : 58 referensi (1998-2013)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 22 Aug 2016 09:57
Last Modified: 22 Aug 2016 09:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15459

Actions (login required)

View Item View Item