STUDI FENOMENOLOGI : PENGALAMAN KEPUASAN PASIEN STROKE TERHADAP REHABILITASI SELAMA DIRAWAT DI RUANG IRNA C RUMAH SAKIT STROKE NASIONAL BUKITTINGGI TAHUN 2015

Restina, Pardosi (2015) STUDI FENOMENOLOGI : PENGALAMAN KEPUASAN PASIEN STROKE TERHADAP REHABILITASI SELAMA DIRAWAT DI RUANG IRNA C RUMAH SAKIT STROKE NASIONAL BUKITTINGGI TAHUN 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201601191148th_skripsi restina pardosi pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)

Abstract

Kepuasan pasien adalah tingkatan perasaan yang muncul karena kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya setelah dibandingkan dengan apa yang diharapkannya. Kepuasan pasien dalam melakukan rehabilitasi akan berpengaruh pada kesembuhan pasien dari penyakit, peningkatan derajat kesehatan. Pentingnya kepuasan pasien akan membuat pasien lebih patuh terhadap pengobatan, memanfaatkan perawatan kesehatan mereka, dan memiliki kualitas hidup yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menggambarkan pengalaman kepuasan pasien terhadap rehabilitasi selama dirawat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan metode wawancara mendalam. Pemilihan partisipan diambil dengan cara purposive sampling. Jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak 3 orang pasien yang menderita stroke yang dirawat di ruang Irna C Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi. Data yang dikumpulkan berupa rekaman hasil wawancara yang dilengkapi dengan menggunakan pedoman wawancara berupa pertanyaan, yang dianalisis menggunakan teknik Collaizi’s. Hasil penelitian mengidentifikasi 2 tema utama yaitu puas dengan dihargai harkat dan martabatnya dan Tidak puas dengan standar terapi rumah sakit. Penelitian ini memberikan saran kepada pihak rumah sakit untuk mempertahankan hal-hal yang sudah membuat pasien puas dan meningkatkan hal-hal yang belum memuaskan pasien. Kata Kunci : Kepuasan pasien, Rehabilitasi stroke Daftar Pustaka: 63 (2000-2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 21 Aug 2016 07:28
Last Modified: 21 Aug 2016 07:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15389

Actions (login required)

View Item View Item