PENGARUH PEMBERIAN TERAPI SLOW-STROKE BACK MASSAGE (SSBM) TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI KELURAHAN ANDALAS WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS PADANG TAHUN 2015

YUNIAR, NIAR (2015) PENGARUH PEMBERIAN TERAPI SLOW-STROKE BACK MASSAGE (SSBM) TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI KELURAHAN ANDALAS WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS PADANG TAHUN 2015. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201507301418th_skripsifixpdf.compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hipertensi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal dan kematian akibat penyakit kardiovaskuler yang disebabkan komplikasi hipertensi yaitu 9,4 juta kematian pertahun dari 17 juta kematian penyakit kardiovaskuler lainnya. Untuk mengendalikan tekanan darah tersebut dapat dilakukan dengan terapi non farmakologi, salah satunya adalah terapi Slow-Stroke Back Massage (SSBM). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pemberian terapi SSBM terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Andalas Padang. Desain penelitian ini yaitu quasi Experimental design dengan pendekatan Non Equivalent Control Group. Populasinya penderita hipertensi. Besar sampel adalah 24 responden dengan teknik Purposive sampling, 12 responden untuk kelompok intervensi dan 12 responden untuk kelompok kontrol. Penelitian ini dilakukan selama 3 hari dengan melihat tekanan darah pre test dan post test. Untuk mengetahui pengaruh SSBM dilakukan uji Independen t-test dengan nilai signifikan p<0,05. Hasil penelitian menunjukan tekanan darah mengalami penurunan yang signifikan. Rata-rata penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik 9,83 mmHg dan 6,17 mmHg. Kesimpulan dari penelitian ini, ada pengaruh signifikan SSBM tekanan darah pasien hipertensi, disarankan unruk menerapkan terapi SSBM untuk penanganan hipertensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 21 Aug 2016 04:37
Last Modified: 21 Aug 2016 04:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15373

Actions (login required)

View Item View Item