FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN AGRESIVITAS ANAK PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) TELKOM SCHOOLS PADANG TAHUN 2015

MAISARAH, MAISARAH (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN AGRESIVITAS ANAK PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) TELKOM SCHOOLS PADANG TAHUN 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
201510270717th_skripsi.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Agresivitas merupakan masalah kesehatan mental yang mendasar pada anak-anak, yakni luapan perasaan marah, permusuhan dan tindakan kasar yang dapat diarahkan kepada orang atau benda melalui sifat atau nafsu menyerang. 11 dari 15 Ibu di Taman Kanak-kanak (TK) Telkom Schools Padang mengatakan anak mereka pernah berperilaku agresif di rumah dan mendapat perlakuan agresif temannya di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan agresivitas anak prasekolah di TK Telkom Schools Padang. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 102 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive random sampling dengan analisa data menggunakan uji chi square. Data dikumpulkan dengan kuesioner perilaku agresif, kuesioner pola asuh orangtua, dan kuesioner aktivitas menonton tayangan TV yang mengandung kekerasan. Hasil uji statistik ini menunjukkan adanya hubungan antara pola asuh orangtua dengan agresivitas pada anak usia prasekolah dengan p value =0,000 dan adanya hubungan antara aktivitas menonton program TV yang mengandung kekerasan dengan agresifitas dengan p value =0,000. Untuk itu diharapkan bagi para orangtua terutama ibu selaku pihak terdekat bagi anak selain memberikan asuhan yang baik juga perlu mengontrol paparan media televisi yang berdampak negatif terhadap perkembangan perilaku anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 21 Aug 2016 03:44
Last Modified: 21 Aug 2016 03:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15360

Actions (login required)

View Item View Item