Kristinus, Tinus (2015) Studi Eksperimental Pengaruh Rasio Tulangan Tarik Pada Balok Beton Bertulang terhadap Kinerja Perkuatan Pelat Baja. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
Text (Skripsi Fulltext)
201507271916th_merged.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pada tulisan ini dilakukan analisis pengaruh rasio tulangan tarik terhadap penambahan perkuatan pelat baja yang ditinjau dari perilaku lentur, kekakuan dan daktilitas balok beton bertulang menggunakan tiga variasi rasio tulangan tarik pada balok dan penggunaan perkuatan pelat baja. Benda uji yang tidak menggunakan perkuatan pelat baja; BB4 (ρ = 0,0176), BB5 (ρ = 0,022), BB7 (ρ = 0,0308) dan benda uji yang menggunakan perkuatan pelat baja; BC-4 (ρ = 0,0315), BC-5 (ρ = 0,0359) dan BC-7 (ρ = 0,0447). Hasil pengujian pada balok dengan dan tanpa pelat menunjukkan peningkatan kapasitas lentur sebesar 36,03% dan 82,59% untuk benda uji BB5 dan BB7 terhadap benda uji BB4. Sedangkan peningkatan kapasitas lentur benda uji BC-5 dan BC-7 terhadap benda uji BC-4 rata-rata sebesar 20,43%. Untuk peningkatan kapasitas lentur ditinjau dari penggunaan pelat baja rata-rata sebesar 12,63%. Peningkatan kekakuan yang ditinjau dari kemiringan sudut kurva beban dengan lendutan didapatkan rata-rata sebesar 17,74% terhadap benda uji BB4 dan 7,84% terhadap benda uji BC-4. Ditinjau dari penggunaan pelat baja menunjukkan peningkatan kekakuan yang tidak signifikan rata-rata hanya sebesar 7,25%. Penurunan daktilitas terjadi rata-rata sebesar 33,20% terhadap benda uji BB4 dan 34,13% terhadap benda uji BC-4. Sedangkan bila ditinjau dari penggunaan pelat baja terjadi peningkatan daktilitas rata-rata sebesar 28,37%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sipil |
Depositing User: | Mr Fajrun RB |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 03:06 |
Last Modified: | 21 Aug 2016 03:06 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15348 |
Actions (login required)
View Item |