HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN SIKAP PRIA TERHADAP PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI PADA PRIA DI KELURAHAN TAROK DIPO KOTA BUKITTINGGI

Wahyuni, Ariati Sukma (2015) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DAN SIKAP PRIA TERHADAP PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI PADA PRIA DI KELURAHAN TAROK DIPO KOTA BUKITTINGGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201507302337th_untitledbaru.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keluarga Berencana salah satu program untuk menekan laju pertumbuhan penduduk antara kebutuhan dan jumlah penduduk. Jumlah penduduk di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Rendahnya penggunaan alat kontrasepsi merupakan salah satu penyebab peningkatan jumlah penduduk, terutama pada pria. Rendahnya keinginan pria dalam ber-KB disebabkan oleh beberapa faktor seperti self efficacy dan sikap terhadap penggunaan alat kontrasepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dan sikap pria terhadap penggunaan alat kontrasepsi pada pria di kelurahan Tarok Dipo kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan desain survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Responden dalam penelitian ini berjumlah 66 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple randomsampling. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 11- 14 Juni 2015. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar pria di kelurahan Tarok Dipo Kota Bukittinggi tidak menggunakan alat kontrasepsi (53.0%), lebih dari separuh pria di kelurahan Tarok Dipo Kota Bukittinggi mempunyai self efficacy rendah terhadap penggunaan alat kontrasepsi (56.1%), dan sebagian besar pria di kelurahan Tarok Dipo Kota Bukittinggi mempunyai sikap negatif terhadap penggunaan alat kontrasepsi (62.1%). Hasil analisis menggunakan uji chi square menunjukkan adanya hubungan antara self efficacy dengan penggunaan alat kontrasepsi pada pria di kelurahan Tarok Dipo Kota Bukittinggi dengan p value: 0,004 (α = 0,05), dan adanya hubungan antara sikap dengan penggunaan alat kontrasepsi pada pria di kelurahan Tarok Dipo Kota Bukittinggi dengan p value: 0,000 (α = 0,05). Hasil penelitian ini merekomendasikan petugas kesehatan untuk memberikan informasi tentang pentingnya menggunakan alat kontrasepsi pada pria. Agar pria dapat berpartisipasi dalam program keluarga berencana. Kata kunci : Keluarga Berencana pria, self efficacy, dan sikap. Daftar Pustaka : 48 (2005 – 2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 20 Aug 2016 09:16
Last Modified: 20 Aug 2016 09:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15329

Actions (login required)

View Item View Item