HUBUNGAN KARAKTERISTIK SOSIODEMOGRAFI DAN DEPRESI DENGAN KUALITAS HIDUP PADA WANITA DENGAN KANKER PAYUDARA DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2016

TIKA, AFRIMELYA (2016) HUBUNGAN KARAKTERISTIK SOSIODEMOGRAFI DAN DEPRESI DENGAN KUALITAS HIDUP PADA WANITA DENGAN KANKER PAYUDARA DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201601190954th_skripsi tika afrimelya pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)

Abstract

Wanita setelah terdiagnosa kanker payudara akan mengalami perubahan aktivitas dan tekanan psikologis, dengan adanya tekanan tersebut berdampak pada penurunan kualitas hidup. Penurunan kualitas hidup penderita kanker payudara dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya karakteristik sosiodemografi (usia, status pernikahan, pekerjaan, pendapatan, pendidikan, jaminan kesehatas, dan stadium) dan depresi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik sosiodemografi dan depresi dengan kualitas hidup penderita kanker payudara. Jenis Penelitian ini adalah analitik korelatif dengan jumlah responden 97 responden. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan cara purposive sampling. Penelitian dilakukan 5 November hingga 2 Desember 2015. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan wawancara terpimpin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara karakteristik sosiodemografi (status pernikahan, pekerjaan, pendidikan) dan depresi dengan kualitas hidup pada wanita dengan kanker payudara (p<0.05). Tidak ada hubungan bermakna antara usia, pendidikan, stadium, dan jaminan kesehatan. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi perawat dan instansi terkait agar mempertahankan kualitas hidup pada wanita dengan kanker payudara dengan memberikan pendidikan kesehatan kepada klien, meningkatkan dukungan kelompok, dan spiritual dalam peningkatan kualitas hidup wanita dengan kanker payudara. Kata Kunci : kanker payudara, karakteristik sosiodemografi, depresi, dan kualitas hidup Daftar Pustaka : 105 (2005-2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 20 Aug 2016 08:01
Last Modified: 20 Aug 2016 08:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15323

Actions (login required)

View Item View Item