Bluma, Naila Hasmi (2015) PEMANFAATAN TEKNOLOGI PADA KOMUNIKASI INTERNAL DAN EKSTERNAL PADA PT. PERTAMINA CABANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Universitas Andalas)
201506040935th_bluma naila hasmi 1200532016.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pada era globalisasi ini, kemajuan teknologi sudah semakin berkembang pesat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya inovasi yang telah berkembang dari yang sederhana hingga yang modern. Salah satu contohnya yaitu pemakaian handphone yang dulunya hanya digunakan sebagai sarana komunikasi suara kini telah berkembang menjadi smartphone yang dapat digunakan dengan berbagai fitur – fitur modern seperti kamera, voice recorder, GPS (Global Positioning System), serta penggunaan berbagai media sosial. Aktivitas manusia dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya selalu dikaitkan dengan teknologi. Perkembangan teknologi memberikan manfaat kemudahan dan kenyamanan dalam kehidupan manusia. Seperti yang disampaikan oleh Jaques Ellul (2007) bahwa teknologi merupakan keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efesiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknologi tidak dapat dilepaskan dalam kehidupan manusia karena manfaatnya yang dapat mempermudah dan mempercepat segala aktivitas manusia yang salah satunya yakni di ruang lingkup perkantoran. Perkembangan teknologi mempengaruhi manajemen administrasi perkantoran. Hal ini ditandai oleh pengalihan penggunaan mesin ketik ke komputer atau laptop karena komputer lebih mudah dan cepat dalam penggunaannya. Penggunaan komputer merupakan suatu yang wajib di perkantoran yang memberikan efektivitas dan efesiensi terhadap aktivitas pekerjaan. Hal lain yang juga mempengaruhi perkembangan teknologi di perkantoran yaitu dalam hal komunikasi. Komunikasi merupakan sarana yang menghubungkan orang-orang dalam kantor untuk mencapai tujuan bersama. Sarana komunikasi yang dikenal dengan telekomunikasi merupakan sarana yang dapat menghubungkan seseorang dengan orang yang lain dalam jarak yang berjauhan. Seperti yang diungkapkan oleh Rowe (2002) bahwa telekomunikasi merupakan komunikasi yang menggunakan peralatan elektronik maupun elektromagnetik. Adapun Quible (2001) mendefinisikan telekomunikasi sebagai transmisi informasi yang menggunakan teknologi telepon. Untuk perusahaan kecil, manajer administrasi perkantoran sering kali bertanggung jawab dalam menentukan kebutuhan dan fungsi peralatan telekomunikasi. Dalam perusahaan yang lebih besar, fungsi ini dikerjakan oleh manajer layanan telekomunikasi. Teknologi komunikasi merupakan suatu hal yang penting dalam perkantoran, seperti yang diungkapkan oleh Rowe (2002) bahwa telekomunikasi memberikan manfaat: Mendapatkan data secara real time. Hal ini penting karena semakin cepat suatu perusahaan merespons permintaan pelanggan semakin besar kemungkinan perusahaan tersebut memuaskan pelanggan. 3 Mendapatkan informasi pada waktu yang tepat di tempat yang tepat. Dengan mengunakan telekomunikasi organisasi dapat menggunakan informasi sebagai salah satu keunggulan kompetitifnya sebagai dasar pengambilan keputusan yang cepat dan tepat dalam berbisnis. Memungkinkan operasi perusahaan yang tersebar diberbagai tempat. Keberadaan telekomunikasi mempermudah koordinasi antar cabang dalam mencapai tujuan organisasi. Perkembangan teknologi komunikasi memunculkan teknologi-teknologi baru yang memberikan efektivitas dan efesiensi terhadap aktivitas pekerjaan perkantoran. Salah satu contohnya yaitu Faksimile yang dulunya merupakan teknologi komunikasi yang selalu ada disuatu kantor, kini pemakaiannya sudah semakin menurun semenjak e-mail masuk ke dunia perkantoran. Pemakaian e-mail kini menjadi suatu kebutuhan dalam dunia perkantoran karena proses pengirimannya yang lebih cepat, murah, serta dapat menghemat sumber daya. PT. Pertamina Cabang Padang merupakan perusahaan milik negara yang bergerak di bidang energi meliputi minyak dan gas. Dalam pelaksanaan aktivitas perkantoran, PT. Pertamina menerapkan teknologi komunikasi baik internal maupun eksternal untuk memudahkan para karyawan dalam berkomunikasi dan memberikan efesiensi kerja walaupun dengan jarak yang jauh satu sama lain. PT. Pertamina Cabang Padang menggunakan berbagai teknologi untuk berkomunikasi baik internal dan eksternal seperti e-mail, Simol3k (Sistem Monitoring Penyaluran LPG 3 Kg), Sigas Onlie (Sistem Informasi Gasdom Online), ERP Support (Enterprise Resource Planning Support), telepon dan faksimile. Teknologi komunikasi tersebut sangat berperan penting terhadap efektivitas dan efesiensi pekerjaan pegawai PT. Pertamina. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis tertarik untuk membahas lebih lanjut tentang teknologi komunikasi pada PT. Pertamina Cabang Padang yang akan penulis uraikan pada tugas akhir dengan judul “Pemanfaatan Teknologi Pada Komunikasi Internal dan Eksternal Pada PT. Pertamina Cabang Padang”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D3 Kesekretariatan dan Manajemen Perkantoran |
Depositing User: | Mr Iswadi S Nupin |
Date Deposited: | 20 Aug 2016 04:06 |
Last Modified: | 20 Aug 2016 04:06 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15306 |
Actions (login required)
View Item |