RIA, WENNY ASRIANI (2011) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENSUKSESKAN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN Studi Kasus: Program Pendidikan Paket B Desa Cermin Alam, Kecamatan VII Koto Ilir, Kabupaten Tebo, Jambi. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Skripsi Fulltext)
20082016 RIA W A.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dilakukan di program pendidikan paket B yang ada di Desa Cermin Alam, Kecamatan VII Koto Ilir, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi. Program pendidikan paket B ini dirintis sejak tahun 2008. Desa Cermin Alam tidak memiliki sekolah formal, oleh karena itu pemerintah Kabupaten Tebo mengupayakan satu program yang dapat membantu masyarakat yang putus sekolah untuk bisa kembali bersekolah walaupun usia mereka sudah tidak termasuk ke dalam usia sekolah lagi. Partisipasi masyarakat menjadi penting agar program bisa berjalan dengan baik dan keinginan masyarakat untuk bisa memperbaiki kehidupan mereka dapat terwujud. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran program pendidikan kesetaraan dan mendeskripsikan partisipasi masyarakat dalam mensukseskan program pendidikan kesetaraan ini. Masyarakat yang menjadi warga belajar Program Pendidikan Paket B cukup banyak, akan tetapi tingkat kehadiran disetiap pertemuan belajar sangat rendah. Modul yang diberikan kepada peserta didik pun tidak semua peserta didik membacanya. Yang menjadi alasan utama dari tingkat kehadiran yang rendah adalah, mereka lebih memilih menghabiskan waktu untuk bekerja walaupun mereka sendiri sangat membutuhkan program pendidikan paket B ini. Selain itu ada beberapa dari peserta didik yang ikut Program Pendidikan Paket B hanya untuk mendapatkan ijazah saja, bukan mencari ilmu pengetahuan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi |
Depositing User: | ms Meiriza Paramita |
Date Deposited: | 20 Aug 2016 03:37 |
Last Modified: | 20 Aug 2016 03:37 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15292 |
Actions (login required)
View Item |