STUDI MIKROMORFOLOGI KAPSUL DAN SPORA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENGELOMPOKKAN LUMUT Pogonatum P. Beauv. (Polytrichaceae)

WINDAHAYATI, WINDAHAYATI (2013) STUDI MIKROMORFOLOGI KAPSUL DAN SPORA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENGELOMPOKKAN LUMUT Pogonatum P. Beauv. (Polytrichaceae). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0280.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mikromorfologi kapsul dan spora merupakan karakter penting untuk mengidentifikasi dan mengklarifikasi taksa yang bermasalah. Sampai saat ini, jumlah jenis Pogonatum di Sumatera Barat belum diketahui secara pasti karena ada keraguan dalam penentuan jenisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menggelompokkan spesies dalam genus Pogonatum berdasarkan karakter mikromorfologi kapsul dan spora. Penelitian mengenai mikromorfologi kapsul dan spora Pogonatum spp. telah dilakukan dari bulan Maret sampai Agustus 2013. Sampel dikoleksi langsung di dua lokasi (Cagar Alam Lembah Anai dan Gunung Singgalang) dengan dua rute penjelajahan yaitu rute Kandang Ampek-Mega Mendung dan rute Pandai Sikek-Puncak Singgalang. Mikromorfologi kapsul dan spora diamati menggunakan Scanning Electron Microscope (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukannya lima spesies Pogonatum (P. ciratum, P. microstomum, P. macrophyllum, P. subtortile var. teysmannianum, dan P. cf. wallisi). Hasil pengamatan terhadap karakter mikromorfologi menunjukkan bahwa Pogonatum mempunyai tipe gigi peristom nematodontous, tipe spora monolete, bentuk spora prolate dengan tipe ornamentasi granulate dan echinate. Keseluruhan individu yang dianalisis cenderung terkelompok dalam spesiesnya masing-masing. Hasil penelitian ini mendukung penempatan Pogonatum sebagai genus yang mirip dengan Polytrichum secara mikromorfologi. Kata kunci : kapsul, Pogonatum, Polytrichum, SEM, spora

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 20 Aug 2016 02:37
Last Modified: 20 Aug 2016 02:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15278

Actions (login required)

View Item View Item