PERANAN KOPERASI BAKAT DALAM PENINGKATAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PETANI (Studi Kasus di Nagari Batubasa, Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar, Propinsi Sumatera Barat)

SUCI, SRI WAHYUNI (2011) PERANAN KOPERASI BAKAT DALAM PENINGKATAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PETANI (Studi Kasus di Nagari Batubasa, Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar, Propinsi Sumatera Barat). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0273.PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)

Abstract

Bertani merupakan salah satu mata pencaharian terbesar di Indonesia. Kesejahteraan ekonomi petani mendapatkan sorotan tajam oleh pemerintah kita. Oleh karena itu pemerintah berusaha mengupayakan program-program guna meningkatkan kesejahteraan petani, salah satunya yaitu dengan adanya Koperasi. Koperasi merupakan salah satu badan usaha yang memiliki peranan penting bagi perekonomian petani. Karena banyak petani menggunakan jasa Koperasi untuk meningkatkan ekonomi serta pendapatan petani. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana peranan Koperasi Bakat terhadap peningkatan kehidupan sosial ekonomi masyarakat petani dan juga mendeskripsikan pengaruh koperasi Bakat terhadap tingkat pendapatan masyarakat petani dan juga hubungan social budaya masyarakat. Penelitian ini dijelaskan dengan metode penelitian kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipasi. Penetapan informan menggunakan teknik purposive, dengan jumlah informan 16 orang. Informan dibagi kedalam dua jenis yaitu informan kunci dan informan biasa. Informan kunci yaitu pengurus koperasi serta anggota koperasi sedangkan untuk informan biasa peneliti memilih pemerintah Nagari, tokoh-tokoh masyarakat yang mengetahui keberadaan koperasi Bakat. Hasil penelitian ini mengungkapkan upaya-upaya koperasi Bakat dalam membantu masyarakat petani dalam meningkatkan pendapatan mereka. Upaya-upaya tersebut di bidang ekonomi, sosial dan budaya. Dalam bidang ekonomi upaya yang dilakukan koperasi adalah memberikan pinjaman modal serta pengembangnan usaha dengan bekerjasama dengan koperasi lain, sedangkan dalam bidang sosial memberikan penyuluhan dan juga pemahaman kepada masyarakat akan kesadaran berkoperasi. Selain upaya, penelitian ini juga mendeskripsikan pengaruh koperasi terhadap perekonomian petani dan juga terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat. Serta peranan koperasi Bakat dalam peningkatan pendapatan dan juga peranannya dalam kehidupan sosial masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 20 Aug 2016 02:23
Last Modified: 20 Aug 2016 02:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15272

Actions (login required)

View Item View Item