PENGARUH PELUAHAN SEBAGIAN PADA CELAH UDARA DENGAN BENTUK ELEKTRODA BERBEDA TERHADAP KETEBALAN ISOLASI FILM LDPE YANG BERBEDA

Fredimino, Efka (2014) PENGARUH PELUAHAN SEBAGIAN PADA CELAH UDARA DENGAN BENTUK ELEKTRODA BERBEDA TERHADAP KETEBALAN ISOLASI FILM LDPE YANG BERBEDA. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0272.PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pada pembuatan isolasi kabel bertegangan tinggi dengan jenis bahan isolasi polimer khususnya Low Density Polyethelene (LDPE) tidak jarang terdapat cacat (defect) dalam bentuk void (rongga udara) dan protrusion (tonjolan) yang menyebabkan peristiwa peluahan sebagian dalam void pada tegangan operasi normal yang mengakibatkan penuruanan kualitas isolasi. Pada penelitian ini mengkaji tentang pengaruh peluahan sebagian terhadap kegagalan isolasi (breakdown) dengan elektroda jarum dan silinder. Dalam penelitian ini juga divariasikan ketebalan isolasi film LDPE (low density polyethylene). Ketebalan isolasi film LDPE yang digunakan adalah 40 dan 60 μm. Untuk melihat pengaruh peluahan sebagian yang terjadi dengan ketebalan isolasi yang berbeda terhadap kegagalan, dilakukan pengukuran terhadap jumlah peluahan sebagian dan lama waktu tembus. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan jumlah peluahan muatan yang lebih besar pada pengujian dengan ketebalan isolasi LDPE 40 μm daripada ketebalan 60 μm pada kedua bentuk elektroda yang digunakan. Selain itu, juga didapatkan perbandingan waktu tembus antara isolasi film LDPE 40 dan 60 μm pada kedua bentuk elektroda tersebut. Dimana perbandingan waktu tembus isolasi film LDPE dengan menggunakan elektroda silinder pada tegangan kerja 6, 7 dan 8 kVpp yaitu 14510, 14766 dan 2652 sekon. Selanjutnya dengan menggunakan elektroda jarum pada tegangan kerja 6, 7 dan 8 kVpp yaitu 15518,16561, dan 2084 sekon. Kata Kunci : Void, defect , protrusion, Low-Density Polyethylene (LDPE), breakdown.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 20 Aug 2016 02:21
Last Modified: 20 Aug 2016 02:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15271

Actions (login required)

View Item View Item