ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA REKSADANA DENGAN METODE SHARPE, TREYNOR DAN JENSEN (Studi pada Reksadana yang Terdaftar di Bapepam LK periode Januari-Desember 2012)

Hesi, Astria (2014) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA REKSADANA DENGAN METODE SHARPE, TREYNOR DAN JENSEN (Studi pada Reksadana yang Terdaftar di Bapepam LK periode Januari-Desember 2012). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0267.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan kinerja reksadana pendapatan tetap (RDPT), reksadana saham (RDS) dan reksadana campuran (RDC) dengan mnggunakan metode evaluasi kinerja yaitu metode Sharpe, Treynor, dan Jensen. RDPT adalah reksa dana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% pada efek bersifat hutang. Sedangkan RDS adalah reksa dana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80% pada efek bersifat ekuitas (saham). Dan RDC adalah reksa dana yang melakukan investasi baik pada efek hutang maupun ekuitas dengan alokasi yang lebih fleksibel. Setelah dilakukan penelitian berdasarkan metode Sharpe,Treynor dan Jensen, hasilnya menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kinerja yang signifikan antara Reksa Dana Pendapatan Tetap dengan Reksa Dana Saham. Demikian juga kinerja antara Reksadana Pendapatan Tetap dan Campuran serta antara Reksadana Saham dan Campuran berbeda signifikan dengan menggunakan metode Sharpe dan Treynor. Hal ini dibuktikan melalui uji analisis Independent Sampel t-test dan Mann Whitney test dimana diperoleh P Value< 0,05. Sedangkan untuk kinerja antara Reksadana Pendapatan Tetap dengan Reksadana Campuran serta antara Reksadana Saham dan Reksadana Campuran yang diukur dengan metode Jensen, tidak terdapat perbedaan yang signifikan, dimana nilai P Value >0,05. Kata Kunci :Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT),Reksadana Saham (RDS), Reksadana Campuran (RDC), metode Sharpe, metode Treynor, metode Jensen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 20 Aug 2016 02:10
Last Modified: 20 Aug 2016 02:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15267

Actions (login required)

View Item View Item