HUBUNGAN DUKUNGAN ORANGTUA DENGAN KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI MAN 1 PADANG Penelitian Keperawatan Jiwa

Widdy, Annisa (2015) HUBUNGAN DUKUNGAN ORANGTUA DENGAN KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI MAN 1 PADANG Penelitian Keperawatan Jiwa. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201507292246th_widdy annisa 1110323032.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ujian Nasional menjadi tahap yang menentukan bagi siswa kelas XII. Kecemasan muncul karena merasakan perasaan yang berlebihan saat menghadapi ujian nasional, siswa merasa takut gagal dan kehilangan konsentrasi, tidak adanya dukungan sosial khususnya dari keluarga, kurangnya motivasi dan kepercayaan diri dan lain-lain. Dukungan orangtua merupakan sistem dukungan sosial yang terpenting di masa remaja. Dibandingkan dengan sistem dukungan sosial lainnya, dukungan orangtua berhubungan dengan kesuksesan akademis remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan dukungan orangtua dengan kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kolerasional dengan pendekatan cross sectional study. Populasi adalah seluruh siswa kelas XII yang akan menghadapi ujian nasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling sehingga didapat sebanyak 143 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi spearman dengan menggunakan komputerisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara dukungan orangtua dengan kecemasan menghadapi ujian dengan nilai korelasi kuat dimana nilai p value = 0,00 dan nilai korelasi r=-0,734. Siswa dengan dukungan orangtua yang tinggi memiliki kecemasan yang rendah dalam menghadapi ujian nasional. Perlu diadakan penyuluhan melalui sekolah dan bimbingan konseling kepada siswa dan orangtua mengenai dampak dari kecemasan ujian dan manfaat dari dukungan orangtua dalam menurunkan kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional. Kata kunci : Dukungan Orangtua, Kecemasan Siswa, Ujian Nasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 19 Aug 2016 09:42
Last Modified: 19 Aug 2016 09:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15246

Actions (login required)

View Item View Item