ANALISA PENGARUH HARMONISA TERHADAP FAKTOR-K TRANSFORMATOR DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ANDALAS

FAISHAL, HANIF (2016) ANALISA PENGARUH HARMONISA TERHADAP FAKTOR-K TRANSFORMATOR DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
ical.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Harmonisa adalah gelombang sinus arus dan tegangan yang mempunyai frekuensi kelipatan integer (bilangan bulat) dari frekuensi dasarnya. Dalam sistem distribusi tenaga listrik harmonisa ini akan menghasilkan nilai faktor-k pada transformator. Nilai faktor-k ini sangat dipengaruhi oleh frekuensi sehingga akan mengakibatkan bertambahnya rugi estimasi pada transformator distribusi. Dalam Tugas Akhir ini pengukuran harmonisa dilakukan pada transformator distribusi milik PT PLN (Persero) yang terdapat di Fakultas Teknik Universitas Andalas. Data hasil pengukuran dibandingkan degan standar yang ditetapkan oleh IEEE std 519-1992. THD arus dari transformator masih memenuhi standar yang ditetapkan IEEE 519 untuk fasa R dan fasa S dan untuk fasa T nilai THD melebihi standar. Nilai faktor-k yang dihasilkan arus harmonisa pada transformator yaitu pada phasa R sebesar 1.1653, phasa S sebesar 1.1623 dan phasa T sebesar 1.179. Kata Kunci: Harmonisa, faktor-k, transformator distribusi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 19 Aug 2016 07:24
Last Modified: 19 Aug 2016 07:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15231

Actions (login required)

View Item View Item