Deteksi dan Klasifikasi Kualitas Udara Berbasis Mini PC Dengan Masukan Multi-Sensor Menggunakan Metode Learning Vector Quantization

Kedhy, Lavandino (2016) Deteksi dan Klasifikasi Kualitas Udara Berbasis Mini PC Dengan Masukan Multi-Sensor Menggunakan Metode Learning Vector Quantization. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, rancang bangun sistem pemantau kualitas udara berbasis Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) berfungsi untuk memberikan informasi mengenai kualitas udara terbuka (ambient) kepada masyarakat dengan pendeteksian secara langsung menggunakan sensor. Sensor pada alat ini berfungsi mendeteksi kadar debu dan gas yaitu partikel debu, Sulfur dioksida (SO2), Nitrogen dioksida (NO2), Karbon monoksida (CO) dan Ozon (O3) yang dideteksi dalam kadar emisi (parts per molecule/ppm) melalui Analog to Digital Converter (ADC) pada mikrokontoler Arduino Uno. Setelah mendeteksi kelima gas tersebut, dilakukan konversi dari kadar emisi menjadi kadar ambient (µg/m3 atau mg/m3) pada mini PC Raspberry Pi 2 tipe B. Kadar ambient dari gas dan debu, dilakukan penentuan pola data dengan metode Fast Fourier Transform (FFT) untuk setiap debu dan gas yang dideteksi pada lima kualitas udara. Pola data tersebut diklasifkasikan menggunakan metode Learning Vector Quantization (LVQ) yang mengacu pada jarak minimum dari bobot akhir pendeteksian. Dari jarak minimum tersebut, didapat kualitas udara secara keseluruhan pada kawasan penelitian dari gas dan debu yang dideteksi oleh sensor. Deteksi dan klasifikasi oleh sistem yang dilakukan pada tiga kawasan penelitian (sekitar gedung FTI-UNAND, Pasar Bandar Buat Indarung, dan Sekitar Pabrik PT. Semen Padang) menghasilkan kesimpulan yaitu ‘kualitas udara baik’ dan ‘kualitas udara sedang’.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 19 Aug 2016 07:51
Last Modified: 19 Aug 2016 07:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15221

Actions (login required)

View Item View Item