PERBANDINGAN PENGARUH PEMBERIAN TABLET VITAMIN C DENGAN BUAH JAMBU BIJI (Psidium Guajava Linn) TERHADAP PENURUNAN pH VAGINA PADA MAHASISWI ASRAMA UNIVERSITAS ANDALAS

NUR, SAMSI (2013) PERBANDINGAN PENGARUH PEMBERIAN TABLET VITAMIN C DENGAN BUAH JAMBU BIJI (Psidium Guajava Linn) TERHADAP PENURUNAN pH VAGINA PADA MAHASISWI ASRAMA UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0226.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)

Abstract

Vagina merupakan organ reproduksi yang sangat rentan terhadap infeksi. Terganggunya keseimbangan ekosistem di vagina dapat menyebabkan pH vagina meningkat dan itu merupakan awal infeksi pada organ reproduksi. Upaya yang dapat dilakukan jika pH vagina tinggi yaitu dengan pemberian tablet vitamin C dan buah jambu biji. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh pemberian tablet vitamin C dengan buah jambu biji terhadap penurunan pH vagina. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswi Asrama Universitas Andalas pada bulan Mei-September 2013. Rancangan penelitian adalah desain quasi eksperimen dengan pendekatan non equivalen comparison group pretest-posttest dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang yaitu 15 orang sebagai kelompok eksperimen dengan buah jambu biji dan 15 orang sebagai kelompok pembanding dengan tablet vitamin C. Instrumen yang digunakan yaitu kertas pH indicator strips. Hasil menunjukkan rata-rata penurunan pH vagina pada kelompok eksperimen adalah 0,67, sedangkan rata-rata penurunan pada kelompok pembanding adalah 0,87. Berdasarkan uji statistik Mann-Whitney didapatkan nilai p=0,565 (p>0,05) yang berarti tidak terdapat perbedaan signifikan penurunan pH vagina antara buah jambu biji dengan tablet vitamin C. Pada wanita yang mengalami pH vagina yang tinggi disarankan untuk mengkonsumsi buah jambu biji 264 gram atau tablet vitamin C 250 miligram selama 6 hari untuk menurunkan pH vagina. Kata kunci : pH vagina, buah jambu biji, tablet vitamin C Daftar Pustaka : 36 (1994-2013)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 18 Aug 2016 09:25
Last Modified: 18 Aug 2016 09:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15175

Actions (login required)

View Item View Item