PENERAPAN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DI SUMATERA BARAT MENURUT POLITIK PENDIDIKAN PAULO FREIRE (Studi : Pusat Belajar Rakyat Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Kayu Gadang)

LOVINA, LEDRIANA TEDDY (2013) PENERAPAN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DI SUMATERA BARAT MENURUT POLITIK PENDIDIKAN PAULO FREIRE (Studi : Pusat Belajar Rakyat Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Kayu Gadang). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0215.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)

Abstract

Berawal dari dampak buruk dari Revolusi Hijau yang melahirkan gerakan petanian organik, munculah lembaga pendidikan yang berbasis masyarakat tani. Penelitian ini ingin melihat bagaimana pendidikan alternatif yang berlangsung di Pusat Belajar Rakyat Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya yang bertempat di Kayu Gadang kelurahan Limau Manis Selatan Kota Padang Sumatera Barat. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Konsep pendidikan orang dewasa atau andragogi dan Politik Pendidikan dari Paulo Freire. Penelitian melihat bagaimanakah gambaran dari pendidikan berbasis masyarakat di Pusat BelajarRakyat P4S dengan menggunakan konsep politik pendidikan Paulo Freire, dimana pendidikan yang sebenarya adalah pendidikan yang mengedepankan kesadaran kritis dan menghargai keberadaan manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif dengan pendekatan Realistic Fenomenologi. Pengambilan data menggunakan metode wawancara pengamatan dan dokumentasi serta interpretasi data menggunakan interpretasi etik dan emik. Hasil dari penelitian ini adalah, bahwa Pusat Belajar Rakyat P4S Kayu gadang mulai membangun model pendidikan kritis dari program Sekolah Lapangan Padi Tanam Sebatang (SLPTS) dan manjadi pencetus acara tahunan Galanggang Alam Petani Organik (GAPO). Kata kunci : Politik Pendidikan, Pendidikan Berbasis Masyarakat dan Kesadaran Kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 18 Aug 2016 07:50
Last Modified: 18 Aug 2016 07:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15154

Actions (login required)

View Item View Item