Konstruksi Citra Pelayanan Publik Pemerintah Kota Padang(Studi Rubrik “Sang Pelayan” Harian Padang Ekspres Edisi Februari 2014 s.d Agustus 2014

Hanifah, Joni (2015) Konstruksi Citra Pelayanan Publik Pemerintah Kota Padang(Studi Rubrik “Sang Pelayan” Harian Padang Ekspres Edisi Februari 2014 s.d Agustus 2014. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201508141215th_hanifah joni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)

Abstract

Penelitian ini ingin melihat konstruksi citra pelayanan publik Pemerintah Kota Padang oleh media massa dalam hal ini adalah Harian Padang Ekspres dengan rubrik “Sang Pelayan”. Rubrik “Sang Pelayan” merupakan rubrik yang diliput dengan menggunakan liputan investigatif (investigative reporting), dimana liputan yang dilakukan terkait dengan unit-unit yang melakukan pelayanan publik pada Pemerintah Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan peneliti bersifat kualitatif interpretative dengan metode analisis framing model Robert N Entman. Robert Entman mendefinisikan framing sebagai proses seleksi dari berbagai aspek realitas sehingga bagian tertentu dari peristiwa lebih menonjol dibandingkan aspek lain, yang menyertakan penempatan informasi-informasi dalam konteks yang khas sehingga sisi tertentu mendapatkan alokasi lebih besar dari pada sisi yang lain. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan kliping berita pada rubrik “Sang Pelayan” edisi Februari s.d Agustus 2014 di Harian Padang Ekspres Melalui analisis framing model Robert N Entman akan dilihat bagaimana media massa dalam hal ini Harian Padang Ekspres melalui Rubrik Sang Pelayan, mendefenisikan masalah (define problem), memperkirakan penyebab permasalahan (diagnose cause), memberikan penilaian moral (moral judgement) dan merekomendasikan solusi atau jalan keluar (treatment recommendation) terkait dengan pemberitaan tentang pelayanan publik yang dilakukan Pemerintah Kota Padang. Sehingga dari penjabaran tersebut akan diketahui citra seperti apa yang dikonstruksi oleh media massa terhadap pelayanan publik yang dilakukan Pemerintah Kota Padang. Hasil penelitian ini menunjukan ada lima bingkai yang digunakan wartawan dalam menilai dan memberitakan pelayanan publik yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Padang, yaitu pelayanan publik dengan praktik pungli dan pemalakan, prosedur pelayanan publik yang berbelit-belit, etika pelayanan yang kurang baik, sarana prasarana yang tidak memadai dan kurangnya jumlah dan kompetensi sumber daya manusia. Sehingga terlihat bahwa citra pelayanan publik pada Pemerintah Kota Padang dikonstruksi secara negatif oleh media massa khususnya melalui rubrik Sang Pelayan. Hal ini ditunjukkan dengan pemberitaan yang mengarah kepada model bad news. Keywords: konstruksi citra, pelayanan publik pemerintah, media massa, analisis framing, konstruksi realitas oleh media massa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Dian Niko Putra
Date Deposited: 16 Aug 2016 10:04
Last Modified: 16 Aug 2016 10:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15070

Actions (login required)

View Item View Item