HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PAUH PADANG

DEDI, FATRIDA (2015) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PAUH PADANG. Masters thesis, Upt Perpustakaan.

[img] Text
NAMA.DEDI FATRIDA. BP 1220332066.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan Keperawatan di Puskesmas merupakan faktor yang paling penting untuk membentuk kepercayaan pelanggan atau pasien kepada layanan kesehatan sehingga tercipta loyalitas. Terciptanya kualitas pelayanan keperawatan akan menciptakan kepuasan terhadap pengguna layanan dan service quality perawat yang tinggi merupakan faktor terpenting tercapainya kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dimensi kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Pauh Padang. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasi dengan pendekatan “Cross sectional“. Pengumpulan data telah dilakukan di Puskesmas Pauh kota Padang pada bulan 21 April s/d 03 November 2014 pada 98 sampel, sampel diambil secara Accidental Sampling dengan menggunakan kuesioner. data dianalisa dengan menggunakan Uji Chi-Square dan diagram Kartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang dari separuh responden menyatakan tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan petugas kepada pasien yaitu sebesar 48%, kurang dari separuh responden menyatakan kehandalan petugas tidak baik sebesar 43,9%, kurang dari separuh responden menyatakan daya tanggap petugas tidak baik sebesar 49%, lebih dari separuh responden menyatakan jaminan petugas tidak baik sebesar 55,1%, lebih dari separuh responden menyatakan perhatian petugas tidak baik sebesar 53,1%, lebih dari separuh responden menyatakan penampilan pelayanan petugas tidak baik sebesar 56,1%, lebih dari separuh responden menyatakan mutu pelayanan petugas tidak baik sebesar 58,2%,Pimpinan Puskesmas untuk melakukan pelatihan terkait pelayanan yang terbaik, misalnya service excellent, pelatihan layanan prima, team work training dan peran Kepala Puskesmas sangat besar dalam menumbuhkan motivasi mengembangkan diri pada petugas yang akhirnya akan berimbas pada peningkatan kualitas pelayanan. Kata Kunci : Dimensi Mutu Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Pasien Daftar pustaka : 50 buah ( 2001-2014)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana Tesis
Depositing User: Ms Azizah Yasefia
Date Deposited: 12 Feb 2016 07:26
Last Modified: 12 Feb 2016 07:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/1504

Actions (login required)

View Item View Item