FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DEPRESI PADA LANJUT USIA DI KELURAHAN GANTING PARAK GADANG WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS TAHUN 2015

Ati, Purnama Sari (2016) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DEPRESI PADA LANJUT USIA DI KELURAHAN GANTING PARAK GADANG WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS TAHUN 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201601190119th_skripsi ati purnama pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)

Abstract

Depresi pada lanjut usia yang tidak ditangani memberi pengaruh negatif pada kualitas hidup, meningkatkan morbiditas dan mortalitas akibat bunuh diri. Gangguan ini tidak hanya dipengaruhi oleh faktor biologis, genetik, psikososial tapi juga faktor dukungan sosial. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya depresi pada lansia, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian depresi pada lansia di Kelurahan Ganting Parak Gadang wilayah kerja Puskesmas Andalas tahun 2015. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional study. Teknik pengambilan sampel purpossive sampling dengan jumlah sampel 133 orang. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 52,6% responden tidak mengalami depresi, 60,9% lansia termasuk dalam kategori elderly, 72,9% lansia berjenis kelamin perempuan,79,7% memiliki tingkat pendidikan rendah, 66,9% lansia berstatus tidak kawin/janda/duda, 82% lansia tidak bekerja dan 50,4% memiliki dukungan sosial tinggi. Hasil uji chi-square didapatkan hubungan yang bermakna antara usia, jenis kelamin, status perkawinan dan dukungan sosial dengan kejadian depresi dengan nilai p<0,05. Sementara tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan dan pekerjaan dengan kejadian depresi dengan nilai p > 0,05. Diharapkan kepada tim kesehatan agar dapat meningkatkan lagi pelayanan terhadap lansia yang mengalami depresi dengan mengikutsertakan peran dari keluarga dan teman lansia tersebut. Kata kunci : depresi, dukungan sosial, lansia Daftar Pustaka : 81 (2005-2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 15 Aug 2016 10:51
Last Modified: 15 Aug 2016 10:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15030

Actions (login required)

View Item View Item