PELAKSANAAN PENANAMAN MODAL ASING PADA PT. AGRA MASANG PERKASA (AMP) PLANTATION MENURUT UNDANGUNDANG NOMOR 25 TAHUN 2007 TENTANG PENANAMAN MODAL

HANY, AYUNING PUTRI (2014) PELAKSANAAN PENANAMAN MODAL ASING PADA PT. AGRA MASANG PERKASA (AMP) PLANTATION MENURUT UNDANGUNDANG NOMOR 25 TAHUN 2007 TENTANG PENANAMAN MODAL. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0198.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)

Abstract

Untuk melaksanakan pembangunan nasional dalam aspek ekonomi diperlukan dana yang besar yakni berupa investsi modal asing. Dalam memenuhi kebutuhan akan modal yang digunakan untuk melaksanakan pembangunan maka pemerintah perlu menarik investor asing agar bersedia menananmakan modalnya di Indonesia terutama pada perseroan terbatas. Salah satu perseroan terbatas yang memiliki sumber dana yang berasal dari investor asing yaitu terdapat di Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat yaitu PT. AMP Plantation. Berdasarkan uraian diatas, yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah pelaksanaan penanaman modal asing pada PT. AMP Plantation menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal? (2) Apa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan penanaman modal asing pada PT. AMP Plantation? (3) Apa dampak yang timbul akibat pelaksanaan penanaman modal asing pada PT. AMP Plantation? Untuk menjawab permasalahan diatas, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian yuridis-empiris dengan data primer berupa data yang diambil langsung di lapangan melalui wawancara dengan responden, sedangkan data sekunder berupa data yang penulis peroleh dari buku-buku kepustakaan. Kemudian data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara kualitatif sehingga diperoleh kesimpulan sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan di PT. AMP Plantation memperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) pelaksanaan penanaman modal asing yang dilakukan pada PT. AMP Plantation melalui tiga tahap, dimana tahapan-tahapan ini berpedoman pada Keppres Nomor 97 tahun 1993 khususnya Bab I, Bagian Kedua, Pasal 2 tentang Tata Cara Penanaman Modal Asing. Dalam pelaksanaan penanaman modal asingnya, PT AMP Plantation juga melakukan beberapa penyesuaian terkait dengan adanya perubahan Undang-Undang Penanaman Modal dan Undang-Undang Perseroan Terbatas. (2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan penanaman modal asing pada PT. AMP Plantation antara lain dalam hal perizinan, yang dilakukan pada beberapa instansi terkait yang berbeda untuk mendapatkan izin-izin yang diperlukan dan gangguan dari masyarakat sekitar perkebunan. (3) Dampak yang timbul bagi masyarakat sekitar perkebunan PT. AMP Plantation akibat pelaksanaan penanaman modal asing pada PT. AMP Plantation terbagi atas dampak positif dan dampak negatif. Dampak postif antara lain terciptanya peluang kesempatan kerja, telah memberikan dorongan bagi tumbuh dan berkembangnya perekonomian daerah dan dapat mempercepat pembangunan daerah dengan dibangunnya sarana dan prasarana yang dapat dimanfaatkan bagi masyarakat sekitar Dampak negatif antara lain dapat dilihat terhadap lingkungan sosial kemasyarakatan dan munculnya berbagai pungutan liar dari masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 15 Aug 2016 09:43
Last Modified: 15 Aug 2016 09:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14997

Actions (login required)

View Item View Item