PENGARUH PEMBERIAN AROMATERAPI JAHE TERHADAP PENURUNAN MUAL DAN MUNTAH PADA PASIEN KANKER YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUP DR.M.DJAMIL PADANG TAHUN 2015

TRESSIA, FEBRIANTI (2015) PENGARUH PEMBERIAN AROMATERAPI JAHE TERHADAP PENURUNAN MUAL DAN MUNTAH PADA PASIEN KANKER YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUP DR.M.DJAMIL PADANG TAHUN 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201601190110th_skripsi tressia febrianti pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)

Abstract

Kanker menjadi penyebab kematian nomor 2 di dunia sebesar 13% setelah penyakit kardiovaskular. Pengobatan kanker saat ini hampir selalu melibatkan kemoterapi. Mual dan muntah merupakan efek samping yang paling umum diantara berbagai efek samping akibat kemoterapi, Sekitar 70-80 % pada semua pasien yang mendapatkan pengobatan kemoterapi mengalami mual dan muntah. Penatalaksanaan mual muntah efek samping kemoterapi bisa dilakukan secara farmakologis dan nonfarmakologis, salah satu penatalaksanaan nonfarmakologis yang bisa dilakukan adalah terapi komplementer dengan pemberian aromaterapi jahe. Aromaterapi jahe dapat menurunkan mual muntah efek samping kemoterapi karena adanya kandungan minyak asitri yang berguna untuk menstabilitaskan sistem saraf sehingga dapat menimbulkan efek tenang bagi siapapun yang menghirupnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian aromaterapi jahe terhadap penurunan mual muntah pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi di RSUP Dr.M.Djamil Padang tahun 2015. Penelitian ini menggunakan desain quasi ekperimental dengan rancangan penelitian pre-post test control group design. Alat ukur pada penelitian ini adalah INVR (Index Nausea Vomiting and Reching), penelitian ini dilakukan kepada 34 responden yang terdiri dari 17 kelompok Intervensi dan 17 kelompok control. Dengan menggunakan uji statistik paired T-Test hasil dari penelitian ini didapatkan nilai p= 0,000 (p<0,05) yang artinya terdapat pengaruh pemberian aromaterapi jahe terhadap penrunan mual muntah efek samping kemoterapi. Disarankan kepada RSUP Dr.M.Djamil Padang untuk dapat menerapkan pemberian aromaterapi jahe terhadap pasien yang mengalami mual muntah akibat kemoterapi. Kata Kunci : Mual dan Muntah, Aromaterapi Jahe Daftar Pustaka : 76 (1999-2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 14 Aug 2016 09:04
Last Modified: 14 Aug 2016 09:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14978

Actions (login required)

View Item View Item