FORMULASI Bacillus sp DENGAN PENAMBAHAN BAHAN ORGANIK UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT LAYU BAKTERI (Ralstonia solanacearum RAS 4) PADA TANAMAN JAHE (Zingiber officinale Rosc.)

SRI, HADIANITA (2014) FORMULASI Bacillus sp DENGAN PENAMBAHAN BAHAN ORGANIK UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT LAYU BAKTERI (Ralstonia solanacearum RAS 4) PADA TANAMAN JAHE (Zingiber officinale Rosc.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
14082016 SRI HADIANITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu sumber nutrisi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan hidup agen hayati adalah pupuk kandang dan jerami padi. Selain dapat meningkatkan kesuburan tanah, pupuk kandang dapat memacu pertumbuhan dan perkembangan bakteri dan biota tanah (Sutanto, 2002). Hanudin et al., (2011) melaporkan bahwa perlakuan formulasi Bacillus subtillis dan P. fluorescens (BaPf) yang disuspensikan ke dalam ekstrak pupuk kandang kotoran kuda efektif menekan intensitas penyakit layu fusarium pada anyelir. Selain pupuk kandang, jerami padi dapat juga digunakan sebagai sumber hara makro yang baik, dan mengandung senyawa N dan C yang berfungsi sebagai substrat metabolisme mikroba tanah di antaranya gula, pati, selulose, hemiselulose, pektin, lignin, lemak dan protein. Isolat PGPR yang diformulasikan ke dalam jerami padi dilaporkan dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman dan mengurangi intensitas penyakit busuk akar pada beberapa sayuran (Wafaa, et al., 2000). Sampai saat ini, informasi mengenai pengaruh pemberian bahan organik pada Bacillus sp yang diformulasikan dalam bentuk tepung untuk mengendalikan penyakit layu bakteri pada tanaman jahe masih terbatas. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian yang berjudul “Formulasi Bacillus sp dengan penambahan bahan organik untuk mengendalikan penyakit layu bakteri (ralstonia solanacearum ras 4) pada tanaman jahe (zingiber officinale Rosc.)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi formula isolat Bacillus sp. yang dicampur bahan organik dalam menekan serangan penyakit layu bakteri, dan meningkatkan pertumbuhan tanaman jahe.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 14 Aug 2016 05:11
Last Modified: 14 Aug 2016 05:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14957

Actions (login required)

View Item View Item