DISPARITAS PUTUSAN PEMIDANAAN DALAM PIDANA POKOK PADA PUTUSAN PERKARA TINDAK PIDANA KORUPSI HUBUNGAN GOAL ORIENTATION DENGAN ACADEMIC DISHONESTY PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS

MAI, TIZA HUSNA (2015) DISPARITAS PUTUSAN PEMIDANAAN DALAM PIDANA POKOK PADA PUTUSAN PERKARA TINDAK PIDANA KORUPSI HUBUNGAN GOAL ORIENTATION DENGAN ACADEMIC DISHONESTY PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201507061408th_mai tiza husna.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Academic dishonesty merupakan bentuk ketidakjujuran dalam dunia pendidikan yang banyak dilakukan oleh peserta didik termasuk mahasiswa. Ketidakjujuran ini juga terjadi di Universitas Andalas yang terlihat dalam dua jenis perilaku yaitu perilaku mencontek dan plagiarisme. Terdapat beberapa hal yang berhubungan dengan academic dishonesty, dalam penelitian ini akan difokuskan pada goal orientation yang terdiri dari dua tipe yaitu performance orientation dan learning orientation. Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan goal orientation dengan academic dishonesty pada mahasiswa Universitas Andalas. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Univeritas Andalas sebanyak 395 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportinate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala goal orientation yang disusun oleh Button, dkk (1997) berdasarkan teori dari Dweck dan Legget (1988) dan skala academic dishonesty diadaptasi dari skala Amalia dan Sembiring (2014) yang memodifikasi skala academic dishonesty Lucas dan Friedrich (2005), dimana skala academic dishonesty ini sejalan dengan teori dari Jones (2011). Skala goal orientation memiliki reliabilitas sebesar 0,742 untuk tipe performance orientation dan 0,868 untuk tipe learning orientation, sedangkan reliabilitas dari skala academic dishonesty yaitu sebesar 0,877.Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis korelasi Spearman Rank karena data penelitian tidak terdistribusi secara normal. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara performance orientation dengan academic dishonesty dengan koefisien korelasi sebesar 0,106 (p < 0,05) dan terdapat hubungan antara learning orientation dengan academic dishonesty dengan koefisien korelasi sebesar -0,154 (p < 0,05). Hubungan antara masing-masing tipe goal orientation dengan academic dishonesty tergolong sangat rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 14 Aug 2016 03:48
Last Modified: 14 Aug 2016 03:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14938

Actions (login required)

View Item View Item