PENGARUH MANAJEMEN LABA DAN KINERJA KEUANGAN SERTA KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP RETURN SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA

DESMAWATI Z, Z (2015) PENGARUH MANAJEMEN LABA DAN KINERJA KEUANGAN SERTA KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP RETURN SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Tesis Fulltext)
201506250817th_daftar isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan melakukan penawaran saham perdana sebagai salah satu alternatif untuk mendapatkan tambahan dana. Fenomena asimetri informasi dan penurunan kinerja terjadi dalam Initial Publik Offerings (IPO). Asimetri informasi yang terjadi, menyebabkan manajer memiliki kesempatan untuk melakukan manipulasi atas laporan keuangan yang biasa disebut dengan manajemen laba (earnings management). Manajemen laba yang dilakukan oleh manajemen, tidak dapat dipertahankan dalam jangka panjang sehingga menyebabkan perusahaan mengalami penurunan kinerja (underperfomance). Penurunan kinerja keuangan yang dialami perusahaan akan sejalan dengan penurunan return saham. Hal ini sebagai koreksi pasar atas penurunan kinerja yang terjadi pasca IPO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen laba dan kinerja keuangan awal dan setelah IPO serta kepemilikan institusional terhadap return saham. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia, dengan obyek penelitian perusahan-perusahaan yang melakukan IPO periode 2010-2012 , dimana memiliki saham instusi 20%. Manajemen laba dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan modifikasi Jones. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menemukan bahwa: 1) manajemen laba yang dilakukan perusahaan awal dan setelah IPO berpengaruh positif terhadap return saham, mendukung hipotesis alternatif pertama. 2) kinerja keuangan yang dilakukan perusahaan awal dan setelah IPO berpengaruh negatif terhadap return saham, tetapi tidak secara signifikan. Dan 3) kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap return saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 14 Aug 2016 02:49
Last Modified: 14 Aug 2016 02:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14929

Actions (login required)

View Item View Item