ANALISIS DEFORMASI YANG TERJADI DALAM TANAH AKIBAT PEMANCANGAN TURAP (Studi Kasus : Sungai Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman)

Heri, Efendi (2015) ANALISIS DEFORMASI YANG TERJADI DALAM TANAH AKIBAT PEMANCANGAN TURAP (Studi Kasus : Sungai Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201505010011st_tugas akhir heri efendi 810923166 teknik sipil.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pekerjaan pembangunan turap di tepi sungai Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman merupakan salah satu rangkaian pekerjaan untuk menormalisasi aliran sungai Batang Anai, karena BIM dibangun pada kawasan pesisir pantai yang ketinggiannya sangat rendah dari permukaan laut. Untuk melihat berapa besarnya deformations yang terjadi pada turap serta tegangan-tegangan yang terjadi didalam tanah akibat pemancangan turap maka penelitian ini perlu dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode numerik dengan menggunakan software plaxis 8.2. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prilaku deformasi dan tegangan yang terjadi di dalam tanah, mengetahui gaya-gaya yang bekerja pada turap. Data tanah yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data hasil uji sondir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisa PLAXISV8.2 pada pemasangan Sheet Pile diperoleh Total deformasi displacement tidak terlalu extrem yaitu sebesar 106,25 x 10-3 m pada kondisi double sheet pile dan tie rod dengan beban luar dan Tegangan efektif yang terjadi pada dinding diafragma sheet pile pada kondisi double sheet pile dan tie rod dengan beban luar sebesar -143,20 kN/m2. Faktor keamanan untuk turap penahan tanah dengan mennggunakan program plasxi v8.2 sebesar 6,4110 hal tersebut menunjukkan bahwa turap penahan tanah stabil. Oleh karena itu, penggunaan turap pada tanah pasir sudah cukup aman. Karena nilai deformasi yang terjadi tidak terlalu extrem sangatlah kecil dan faktor keamanannya menunjukkan nilai stabil. Kata Kunci : Deformasi, turap

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 13 Aug 2016 08:47
Last Modified: 13 Aug 2016 08:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14911

Actions (login required)

View Item View Item