PENGARUH PENGGUNAAN KOMBINASI TEPUNG TOMAT (Lycopersicon esculentum) AFKIR OLAHAN DALAM RANSUM TERHADAP KOLESTEROL DAN LEMAK DAGING PAHA, SERTA LEMAK HATI AYAM BROILER

KHAIRANIL, ANNISA (2015) PENGARUH PENGGUNAAN KOMBINASI TEPUNG TOMAT (Lycopersicon esculentum) AFKIR OLAHAN DALAM RANSUM TERHADAP KOLESTEROL DAN LEMAK DAGING PAHA, SERTA LEMAK HATI AYAM BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi)
201601202158th_skripsi khairanil annisa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan kolesterol daging paha, lemak daging paha, serta lemak hati broiler setelah diberi tepung tomat (Lycopersicon esculentum) afkir dengan kombinasi Tepung Tomat Tanpa Rebus (TTTR) dan Tepung Tomat Rebus (TTR) berbeda dalam ransum ayam broiler. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 4 perlakuan kombinasi tepung tomat, yaitu A dengan kombinasi 0% TTTR : 0% TTR, B dengan kombinasi 25% TTTR : 75% TTR, C dengan kombinasi 50% TTTR : 50% TTR dan D dengan kombinasi 75% TTTR : 25% TTR, dan masing-masing perlakuan diulang 5 kali. Peubah yang diamati adalah: kolesterol daging paha, lemak daging paha, dan lemak hati ayam broiler. Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa perlakuan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan kolesterol daging paha, lemak daging paha, dan lemak hati broiler. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian tepung tomat dengan kombinasi 25% TTTR : 75% TTR merupakan kombinasi terbaik untuk menurunkan kolesterol daging paha, lemak daging paha dan lemak hati ayam broiler. Pada penelitian ini diperoleh total kolesterol daging paha 72,72 mg/100g berat kering, lemak daging paha segar 4,99%, dan lemak hati segar 2,99%. Kata kunci : Ayam broiler, Tepung Tomat, Kolesterol, Lemak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 13 Aug 2016 08:46
Last Modified: 13 Aug 2016 08:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14910

Actions (login required)

View Item View Item