STUDI EKSPERIMENTAL KORELASI NILAI HAMBATAN UJUNG KONUS (qc) DENGAN NILAI KERAPATAN RELATIF (Dr) PADA TANAH PASIR SERAGAM

R.Narudialex, Narudialex (2015) STUDI EKSPERIMENTAL KORELASI NILAI HAMBATAN UJUNG KONUS (qc) DENGAN NILAI KERAPATAN RELATIF (Dr) PADA TANAH PASIR SERAGAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201505010007st_skripsi r. narudialex 0810923190.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pasir memiliki sifat yang kurang menguntungkan, terutama pasir yang memiliki kerapatan efektif (Dr) yang rendah (pasir lepas). Permasalahan utama dari pasir lepas adalah penurunan dan daya dukung yang rendah apabila diberikan pembebanan diatasnya. Dengan mengetahui tingkat kerapatan tanah pasir, maka daya dukung tanah pasir tersebut dapat diketahui. Salah satu cara untuk mengetahui daya dukung tanah adalah dengan melakukan pengujian penetrasi konus. Pengujian ini merupakan suatu pengujian yang digunakan untuk menghitung kapasitas dukung tanah. Nilai-nilai tahanan kerucut statis atau hambatan konus (qc) yang diperoleh dari pengujian dapat langsung dikorelasikan dengan kapasitas dukung tanah. Besarnya nilai hambatan ujung konus seringkali menunjukkan identifikasi dari jenis tanah dan konsistensinya. Penelitian ini berfungsi untuk mengetahui korelasi nilai tahanan ujung konus atau perlawanan penetrasi konus (qc) dengan berbagai variasi kerapatan relatif pada pasir seragam. Dari korelasi tersebut, nantinya diharapkan dapat mengetahui besaran daya dukung tanah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semakin besar nilai kerapatan relatif dari pasir seragam, maka semakin besar pula nilai perlawanan penetrasi konus . Jadi, semakin padat massa tanah pasir seragam, maka semakin tinggi nilai perlawanan penetrasi konusnya , sehingga korelasi ini dapat digunakan untuk memperkirakan kapasitas daya dukung tanah pasir. Kata Kunci : pasir seragam, perlawanan penetrasi konus, kerapatan relatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 13 Aug 2016 08:43
Last Modified: 13 Aug 2016 08:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14907

Actions (login required)

View Item View Item