KEDUDUKAN UNIVERSITAS ANDALAS DALAM PERJANJIAN INTERNASIONAL ANTARA PEMERINTAH INDONESIA DENGAN ISLAMIC DEVELOPMENT BANK (IDB) TENTANG PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT PENDIDIKAN MENURUT HUKUM PERJANJIAN INTERNASIONAL

ARIFAH, DARMA (2015) KEDUDUKAN UNIVERSITAS ANDALAS DALAM PERJANJIAN INTERNASIONAL ANTARA PEMERINTAH INDONESIA DENGAN ISLAMIC DEVELOPMENT BANK (IDB) TENTANG PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT PENDIDIKAN MENURUT HUKUM PERJANJIAN INTERNASIONAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Teks)
201509181435th_skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perjanjian Internasional antara Indonesia dengan Islamic Development Bank tentang Pembangunan Rumah Sakit Pendidikan merupakan salah satu bentuk interaksi antar subjek hukum internasional dalam pergaulan internasional. Perjanjian internasional ini diatur di dalam Konvensi Wina 1986 menyatakan bahwa perjanjian internasional dapat dilakukan antara negara dengan organisasi internasional. Perjanjian internasional tersebut melibatkan tiga perguruan tinggi negeri di indonesia, salah satunya adalah Universitas Andalas. Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah kedudukan Universitas Andalas dalam perjanjian internasional antara pemerintah Indonesia dengan Islamic Development Bank tentang pembangunan Rumah Sakit Pendidikan menurut hukum perjanjian internasional dan untuk mengetahui hak dan kewajiban Universitas Andalas dalam perjanjian internasional antara pemerintah Indonesia dengan Islamic Development Bank tentang pembangunan Rumah Sakit Pendidikan. Metode Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan yuridis sosiologis, dengan mengambil lokasi penelitian di kantor Project Implementation Unit (PIU) Universitas Andalas di Jati, Kota Padang (Fakultas Kedokteran Universitas Andalas) dan Rektorat Universitas Andalas. Hasil penelitian menunjukan bahwa Universitas Andalas berkedudukan sebagai salah satu unit pelaksana dari perjanjian internasional yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dengan Islamic Development Bank sebagaimana terdapat dalam Aide Memoire Between The Concerned Authorities Of The Government Of Indonesia And The Islamic Development Bank Mission For Development of Medical Education And Research Center And Two University Hospital Project yang kemudian dijelaskan dalam perjanjian kerjasama berupa istisna’a dan installment agreement. Dalam perjanjian internasional ini Universitas Andalas berhak mengakses dana sesuai kesepakatan para pihak. Universitas Andalas berkewajiban menyiapkan rencana kerja, memfasilitasi kegiatan termasuk mengawasi kegiatan pembangunan serta menyampaikan progres dan kendala terkait pembangunan Rumah Sakit Pendidikan kepada para pihak di dalam perjanjian internasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Ms Dian Budiarti
Date Deposited: 13 Aug 2016 08:02
Last Modified: 13 Aug 2016 08:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14883

Actions (login required)

View Item View Item