HUBUNGAN TINGKAT KONSUMSI MAKANAN CEPAT SAJI DENGAN KEJADIAN KEGEMUKAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

GEMARA, HANUM (2016) HUBUNGAN TINGKAT KONSUMSI MAKANAN CEPAT SAJI DENGAN KEJADIAN KEGEMUKAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201601150827th_skripsi hanum.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (667kB)

Abstract

Kegemukan merupakan masalah kesehatan yang dialami oleh hampir seluruh negara di dunia dan prevalensinya mengalami peningkatan pada penduduk usia dewasa muda. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kejadian kegemukan adalah pola makan yang tidak baik seperti kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat konsumsi makanan cepat saji dengan kejadian kegemukan pada mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian ini merupakan studi analitik observasional menggunakan desain cross sectional dengan populasi adalah mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Sampel diambil sebanyak 112 orang dengan teknik simple random sampling. Penelitian dilakukan dari bulan Agustus sampai Januari 2016. Berdasarkan IMT, 34 responden (31,3%) termasuk kategori gemuk, 19 responden (17%) termasuk kategori kurus, dan 58 responden (51,8%) termasuk kategori normal. 29 responden (25,9%) mengkonsumsi makanan cepat saji kategori sering dan sisanya (74,1%) termasuk kategori tidak sering. Analisis bivariat dilakukan dengan uji chi-square menggunakan table 2x3. Nilai p yang didapatkan adalah 0,263, yang berarti tidak terdapat hubungan bermakna secara statistik. Peneliti menyimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara tingkat konsumsi makanan cepat saji dengan kejadian kegemukan pada mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Kata kunci: kegemukan, konsumsi makanan cepat saji, usia dewasa muda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: mrs Rahmadeli rahmadeli
Date Deposited: 13 Aug 2016 07:47
Last Modified: 13 Aug 2016 07:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14871

Actions (login required)

View Item View Item