PURIFIKASI DAN KARAKTERISASI BAKTERIOSIN DARI BAKTERI ASAM LAKTAT YANG DIISOLASI PADA PROSES FERMENTASI SANTAN KELAPA MENJADI VCO (Virgin Coconut Oil)

SURYANI, YANI (2014) PURIFIKASI DAN KARAKTERISASI BAKTERIOSIN DARI BAKTERI ASAM LAKTAT YANG DIISOLASI PADA PROSES FERMENTASI SANTAN KELAPA MENJADI VCO (Virgin Coconut Oil). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Disertasi Fulltext)
201506221057nd_disertasi burning pdf.compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://doi.org/10.25077/1031205002

Abstract

Virgin Coconut Oil (VCO) adalah minyak kelapa murni yang diproses tanpa pemanasan yaitu dengan fermentasi santan secara tradisional tanpa penambahan mikroba, hanya dengan memanfaatkan mikroba alami. VCO (Virgin Coconut Oil) mengandung asam laurat yang tinggi sehingga banyak sekali manfaat nya terhadap kesehatan manusia antaralain membantu masalah malnutrisi pada anak-anak, mengurangi berat badan, dan penyembuhan HIV karena VCO mempunyai fungsi antiviral. Pembuatan VCO melalui fermentasi santan akan menghasilkan Bakteri Asam Laktat (BAL) dimana santan mengandung karbohidrat dan protein seperti diketahui fermentasi bahan-bahan yang mengandung karbohidrat yang tinggi akan menghasilkan Bakteri Asam Laktat (BAL). Bakteri asam laktat menghasilkan asam-asam terutama asam laktat, dan berbagai macam produk fermentasi lainnya seperti asam asetat, etanol, karbon- dioksida, peroksida dan bakteriosin , yang merupakan peptida berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri pattogen dan tidak berbahaya bagi bakteri non pattogen. Apabila terdapat BAL pada VCO, maka VCO dapat menghambat aktifitas pertumbuhan mikroba seperti Staphilococcus aereus dan beberapa mikroorganisme lainnya,. Berdasarkan hal tersebut diatas maka telah dilakukan penelitian “Parsial Purifikasi dan Karakterisasi Bakteriosin dari Bakteri Asam Laktat yang Dihasilkan pada Proses Fermentasi Santan Kelapa Menjadi VCO (Virgin Coconut Oil) yang bertujuan (1) Mengisolasi BAL dari fermentasi santan kelapa, (2) Mengidentifikasi isolat BAL hasil isolasi dengan cara Morfologi, Fisiologi dan uji biokimia, untuk menentukan termasuk spesies apa isolat BAL ini, (3) Mengidentifikasi molekular isolat terpilih agar dapat ditentukan urutan gennya, (4) Menguji kemampuan antibakteri dan antijamur isolat terpilih. (5)Membuat packaging isolat terpilih dalam ampul atau kapsul, dan (6) Mengisolasi bakteriosin dan memurnikannya serta mengkarakterisasinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Pascasarjana (Disertasi)
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 13 Aug 2016 07:51
Last Modified: 20 Oct 2017 09:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14869

Actions (login required)

View Item View Item