STUDI PENGARUH SUHU DAN TEKANAN PENGEPRESAN TERHADAP KUALITAS DAN KUANTITAS MINYAK KELAPA YANG DIHASILKAN DARI DAGING KELAPA (Cocos nucifera, L.) KERING

INDAH, PERTIWI MARDANI NASUTION (2015) STUDI PENGARUH SUHU DAN TEKANAN PENGEPRESAN TERHADAP KUALITAS DAN KUANTITAS MINYAK KELAPA YANG DIHASILKAN DARI DAGING KELAPA (Cocos nucifera, L.) KERING. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201506101304th_indah pertiwi mardani nasution.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada bulan September sampai dengan bulan November 2014 di Laboratorium Teknik Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian Jurusan Teknik Pertanian serta Laboratorium Kimia dan Biokimia Hasil Pertanian Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas, Padang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kuantitas minyak kelapa yang dihasilkan dari berbagai suhu dan tekanan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan analisis Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial dua arah yaitu faktor pertama suhu (70 o C, 100 o C, 125 o C, 150 o C) dan faktor kedua tekanan (1,976 MPa, 2,964 MPa, 3,951 MPa) dengan 3 kali ulangan. Tahap penelitian diawali dengan pemanenan kelapa lokal varietas dalam (typical variety) yang telah tua berumur ± 12 bulan, pencukilan kelapa, kemudian dibawa ke laboratorium untuk dijemur dibawah sinar matahari sampai kadar air kopra mencapai 5-6 %, pemberian perlakuan, pengambilan data, pengolahan data, dan analisa hasil akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas dan kuantitas minyak kelapa yang maksimal didapat dari tekanan 3,951 MPa dan suhu 150 o C. Kopra yang diberikan perlakuan suhu dan tekanan berpengaruh terhadap kadar air kopra, rendemen minyak kelapa, asam lemak bebas, bilangan iod, bilangan penyabunan, dan kadar air minyak kelapa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 13 Aug 2016 07:36
Last Modified: 13 Aug 2016 07:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14865

Actions (login required)

View Item View Item