PENGGUNAAN LIMBAH CANGKANG KELAPA SAWIT SEBAGAI AGGREGAT KASAR PADA PERKERASAN LENTUR JALAN RAYA (HRS-WC)

Muhammad, Hariadi (2015) PENGGUNAAN LIMBAH CANGKANG KELAPA SAWIT SEBAGAI AGGREGAT KASAR PADA PERKERASAN LENTUR JALAN RAYA (HRS-WC). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201504280010th_tugas_akhir_m_hariaditsipil0810923110.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jalan raya merupakan prasarana transportasi darat yang sangat vital dalam kehidupan sekarang. Ini terlihat begitu banyaknya aktifitas yang membutuhkan prasarana tersebut, baik itu berupa perdagangan dan industri, sarana angkutan umum, dan sebagai penghubung antar daerah. Kegiatan pergerakan masyarakat ini dapat mempengaruhi volume lalu lintas. Volume lalu lintas berbanding lurus dengan kegiatan masyarakat. Semakin meningkat kegiatan masyarakat maka volume lalu lintas akan semakin tinggi.Oleh karena itu, jalan raya membutuhkan perkerasan yang dapat menopang beban lalu lintas dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus. Material utama pembentuk lapisan perkerasan jalan adalah agregat, yaitu 90-95 % dari berat campuran perkerasan. Limbah kelapa sawit berupa cangkang kelapa sawit dijadikan suatu alternatif sebagai bahan pengganti agregat kasar dalam campuran aspal. Penggunaan limbah cangkang kelapa sawit ini didasarkan kepada zat yang dikandungnya, yaitu zat kersik (SiO2) yang dapat meningkatkan kuat tekan beton. Penelitian ini menggunakan campuran aspal HRS-WC dan diuji berdasarkan parameter marshall dan wheel tracking. Dari penelitian ini didapat bahwa dengan menggunakan cangkang kelapa sawit sebagai pengganti agregat kasar sebanyak 30% dari total agregat mempunyai stabilitas yang cukup tinggi yaitu 869,67 kg, kelelehan, 3,45 mm, MQ, 256,33 kg/mm, danVIM, 5,88%. Dan dari pengujian wheel tracking didapatkan stabilitas dinamis adalah 2217,647 lintasan/mm dan deformasi adalah 2,643 mm lebih tinggi 28,43% dibandingkan dengan variasi campuran 50% cangkang kelapa sawit. Sehingga disarankan campuran dengan kadar cangkang kelapa sawit 30% dari agregat kasar tersebut dapat digunakan sebagai campuran perkerasan jalan raya. Kata Kunci: Cangkang Sawit, HRS-WC, Parameter Marshall, Parameter Wheel Tracking

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 13 Aug 2016 05:35
Last Modified: 13 Aug 2016 05:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14843

Actions (login required)

View Item View Item