TEKNIK PENYIMPANAN BUAH SAWO (Achras sapota, L.) MENGGUNAKAN ASAP CAIR DENGAN VARIASI KONSENTRASI DAN SUHU RUANG PENYIMPANAN YANG BERBEDA

FEBRI, EKA PUTRA (2014) TEKNIK PENYIMPANAN BUAH SAWO (Achras sapota, L.) MENGGUNAKAN ASAP CAIR DENGAN VARIASI KONSENTRASI DAN SUHU RUANG PENYIMPANAN YANG BERBEDA. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0173.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan asap cair pada berbagai konsentrasi dan suhu ruang penyimpanan terhadap buah sawo selama penyimpanan guna memperpanjang umur simpan dan mempertahankan mutu buah. Penelitian dilakukan di Laboratorium Teknik Pengolahan Pangan dan Hasil Pertanian, Program Studi Teknik Pertanian dan Laboratorium Kimia dan Biokimia Hasil Pertanian dan Pangan, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini dilakukan dengan memberi dua perlakuan konsentrasi asap cair yang berbeda yaitu 2%, 4% dan tanpa perlakuan asap cair serta sebagai kontrol serta dengan memberikan perlakuan suhu yaitu suhu 15oC dan suhu ruang sebagai kontrol dengan tiga kali ulangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada suhu 15 oC, sawo yang disimpan tanpa perendaman asap cair masih layak dikonsumsi sampai 8 hari, perendaman dengan konsentrasi 2% masih layak dikonsumsi sampai 12 hari, perendaman dengan konsentrasi 4% masih layak dikonsumsi sampai 14 hari. Pada suhu ruang, buah sawo tanpa perendaman asap cair masih layak dikonsumsi sampai 6 hari, perendaman dengan konsentrasi asap cair 2% masih layak dikonsumsi sampai 8 hari, perendaman dengan konsentrasi 4% masih layak dikonsumsi sampai 11 hari. Sawo dengan umur simpan yang paling lama yaitu buah sawo dengan perendaman asap cair konsentrasi 4% disimpan pada suhu 15oC yaitu 14 hari. Kata Kunci : Asap cair, umur simpan, buah sawo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 13 Aug 2016 05:11
Last Modified: 13 Aug 2016 05:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14832

Actions (login required)

View Item View Item