SOLUSI NUMERIK PERSAMAAN DIFUSI NEUTRON PADA TERAS REAKTOR NUKLIR DENGAN METODE ITERASI JACOBI PARALEL MENGGUNAKAN OPENMP

FRANS, MADAH BASOARO WAU (2014) SOLUSI NUMERIK PERSAMAAN DIFUSI NEUTRON PADA TERAS REAKTOR NUKLIR DENGAN METODE ITERASI JACOBI PARALEL MENGGUNAKAN OPENMP. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Fulltext)
13082016 Frans Madah Basoaro Wau (1121220008).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perhitungan persamaan difusi neutron pada teras reaktor nuklir dilakukan berulang-ulang sehingga memakan waktu yang lama. Untuk itu diperlukan suatu program yang dapat mempercepat perhitungan persamaan difusi neutron tersebut. Untuk dapat memperoleh nilai distribusi fluks neutron dari persamaan difusi, maka geometri teras reaktor akan dibagi menjadi bagian-bagian (mesh) kecil. Persamaan difusi ini akan diintegrasi dan didiskritisasi sehingga persamaannya akan menjadi bentuk matriks. Matriks inilah yang akan diselesaikan menggunakan metode iterasi Jacobi, dimana metode Jacobi merupakan metode iterasi yang mudah diparalelisasikan dibandingkan metode iterasi lainnya. Program-program yang ada selama ini kebanyakan hanya bekerja pada satu prosesor saja, sedangkan prosesor yang lainnya tidak bekerja (idle). Hal ini menyebabkan proses eksekusi program tidak efisien. Untuk dapat menggunakan semua prosesor yang ada, diperlukan modus pemrograman yang disebut sebagai pemrograman paralel. Gagasan dasar dari pemrograman paralel ini adalah membagi permasalahan sehingga menjadi lebih kecil untuk dikerjakan oleh setiap prosesor yang ada dalam waktu yang bersamaan. Dengan begitu, waktu pengeksekusian akan lebih singkat. Kode program perhitungan distribusi neutron telah berhasil disusun dalam bahasa C++ dan OpenMP. Hasil benchmarking dengan program FI-ITBCHI menunjukkan bahwa kode yang ditulis menghasilkan keluaran fluks yang valid dengan tingkat kesamaan hingga 6 angka penting. Nilai speedup tertinggi dicapai dengan menggunakan jumlah thread yang sama dengan jumlah core pada prosesor. Speedup tertinggi untuk komputer yang menggunakan prosesor i3 3120 M 2,5 GHz (2 core) sebesar 1,28, sedangkan untuk komputer yang menggunakan prosesor i7 3770 3,4 GHz (4 core) sebesar 1,53.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 13 Aug 2016 05:03
Last Modified: 13 Aug 2016 05:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14827

Actions (login required)

View Item View Item