STRUKTUR POPULASI, JUMLAH POPULASI EFEKTIF DAN LAJU NBREEDING PER GENERASI AYAM KOKOK BALENGGEK (AKB) PADA KELOMPOK TANI “KINANTAN BAGOMBAK” KOTA SOLOK

BOY, OKTAVERIZA (2013) STRUKTUR POPULASI, JUMLAH POPULASI EFEKTIF DAN LAJU NBREEDING PER GENERASI AYAM KOKOK BALENGGEK (AKB) PADA KELOMPOK TANI “KINANTAN BAGOMBAK” KOTA SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
13082016 boy o.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dengan judul struktur populasi, jumlah populasi efektif (Ne), dan laju inbreeding per generasi Ayam Kokok Balenggek (AKB) bertujuan untuk memperoleh data dasar struktur populasi, menghitung jumlah populasi efektif (Ne), dan laju inbreeding per generasi (ΔF) AKB. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2013 di Kelompok Tani Kinantan Bagombak Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok. Materi penelitian yang digunakan adalah AKB yang dipelihara oleh Kelompok Tani Kinantan Bagombak. Metode penelitian adalah metode survei dengan pengambilan sampel secara sensus dan menghitung seluruh ayam yang dipelihara. Peubah yang dihitung adalah jumlah AKB yang dipelihara peternak, jumlah populasi aktual (Na), jumlah populasi efektif (Ne), dan laju inbreeding per generasi (ΔF). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah AKB di Kelompok Tani Kinantan Bagombak Kampung Jawa Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok adalah 528 ekor. Struktur populasi AKB yang terdiri dari ayam jantan dewasa 10.23 %, ayam betina dewasa 30.51 %, ayam jantan muda 10.61 %, ayam betina muda 16.85 %, dan anak ayam 31.63 %. Populasi aktuak (Na) adalah 215 ekor. Jumlah populasi efektif (Ne) AKB di Kelompok Tani Kinantan Bagombak adalah 162 ekor, dengan laju inbreeding (ΔF) per generasi 0,309 %. Kata kunci: Ayam Kokok Balenggek, Struktur Populasi, Laju Inbreeding.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 13 Aug 2016 04:42
Last Modified: 13 Aug 2016 04:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14809

Actions (login required)

View Item View Item