FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RASA TIDAK NYAMAN PADA MAHASISWA KEDOKTERAN DALAM PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL)

Ratih Yonarita, Nasution (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RASA TIDAK NYAMAN PADA MAHASISWA KEDOKTERAN DALAM PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Universitas Andalas)
201504160921th_skripsi ratih yonarita n - 1110312152.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelajar dewasa membutuhkan rasa nyaman untuk memulai sebuah pengalaman belajar, memotivasi mereka untuk ingin terus belajar. Terjadi perubahan sistem belajar dari SMA, dimana dulunya Teacher Centred Learning (TCL) menjadi Student Centred Learning (SCL) yang diterapkan dengan sistem Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran faktor yang mempengaruhi rasa tidak nyaman dalam penerapan sistem PBL pada mahasiswa pendidikan dokter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode Grounded Theory yang dilaksanakan pada bulan September 2014 sampai Maret 2015. Jumlah responden sebanyak 16 mahasiswa yang diambil dari angkatan 2014 sampai angkatan 2011. Penentuan responden penelitian menggunakan metode Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri. Analisis data dilakukan secara manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi rasa tidak nyaman dalam penerapan PBL terdiri dari faktor eksternal dan faktor internal. Untuk faktor eksternal terdiri dari sistem PBL, interaksi sosial, dan harapan keluarga. Sedangkan faktor internal terdiri dari motivasi belajar dan metode belajar. Diharapkan dapat dilakukan upaya-upaya agar mahasiswa nyaman dalam menuntut ilmu dengan sistem PBL Kata Kunci : rasa tidak nyaman, PBL, faktor internal, faktor eksternal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Mr Iswadi S Nupin
Date Deposited: 12 Aug 2016 08:08
Last Modified: 12 Aug 2016 08:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14784

Actions (login required)

View Item View Item