PENGARUH PENGGUNAAN CAMPURAN DEDAK PADI DAN DARAH YANG DIFERMENTASI bacillus amyloliquefaciens DALAM RANSUM BROILER TERHADAP KECERNAAN SERTA KASAR, RESENSI NITROGEN DAN ENERGI METABOLISME

RANDA, KRISTONI (2015) PENGARUH PENGGUNAAN CAMPURAN DEDAK PADI DAN DARAH YANG DIFERMENTASI bacillus amyloliquefaciens DALAM RANSUM BROILER TERHADAP KECERNAAN SERTA KASAR, RESENSI NITROGEN DAN ENERGI METABOLISME. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
201505131430th_skripsi randa kristoni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam usaha peternakan faktor pakan selalu menjadi masalah yang paling sering ditemui oleh peternak. 70% biaya produksi usaha peternakan ayam ditentukan oleh faktor pakan.Oleh karena itu untuk mencapai kesuksesan usaha maka sangat perlu biaya pakan tersebut diminimalisir. Pada tahun 1998 terjadi krisis ekonomi di Indonesia. Seluruh harga bahan kebutuhan masyarakat melambung tinggi termasuk hargapakan ternak. Saat itu mayoritas peternak bergantung pada ransum komersil yang diproduksi oleh industri-industri pakan. Saat harga ransum meningkat drastis karena krisis ekonomi, peternak tidak mampu membeli ransum komersil sehingga banyak yang rugi bahkan ada yang bangkrut. Hingga hari ini ransum komersil masih banyak digunakan oleh masyarakat. Kondisi ini membuat keuntungan yang didapatkan oleh peternak menjadi kecil serta peternak menjadi ketergantungan pada ransum komersil. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk menemukan solusi masalah tersebut. Alternatif yang paling potensial digunakan adalah limbah-limbah dari hasil pertanian maupun limbah peternakan karena ketersediaannya yang banyak dan sebagian besar tidak dimanfaatkan, diantaranya adalah dedak padi dan limbah darah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 12 Aug 2016 02:26
Last Modified: 12 Aug 2016 02:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14756

Actions (login required)

View Item View Item