PERAN HUMAS DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI DENGAN PUBLIK INTERNAL (Studi Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Padang)

EMILZA, EMIL (2014) PERAN HUMAS DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI DENGAN PUBLIK INTERNAL (Studi Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Padang). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Tesis Fulltext)
201505112051th_emilza sstpm.i.kom.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan Bagian Humas dan Protokol dalam komunikasi organisasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Padang. Peran kehumasan ini dianalisis dengan menggunakan teori jaringan dan teori Humas dengan menjelaskan bagaimana berlangsungnya proses komunikasi antara Humas dengan SKPD. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti memperoleh data dengan cara wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah Kepala Bagian Humas dan Kepala Sub Bagian Humas Pemerintah Kota Padang. Selain itu terdapat beberapa perwakilan SKPD yang digunakan sebagai informan tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hambatan dalam proses komunikasi yaitu dari elemen komunikator, pesan, media, komunikan dan umpan balik. Analisis teori peran, menunjukkan bahwa peran Humas Pemerintah Kota Padang dalam komunikasi organisasi dengan publik internal berupa peran isolated dyad, teknisi komunikasi dan fasilitator komunikasi. Sedangkan peran Humas sebagai jembatan, penghubung, penasehat ahli dan fasilitator pemecah masalah belum terlaksana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: Mr Fajrun RB
Date Deposited: 12 Aug 2016 02:02
Last Modified: 12 Aug 2016 02:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14753

Actions (login required)

View Item View Item