PENGARUH LAMA PENGASAPAN TELUR AYAM ASIN DENGAN BAHAN BAKAR SABUT KELAPA (COCO FIBER) TERHADAP KADAR AIR, TOTAL KOLONI BAKTERI, FORMALDEHID DAN UMUR SIMPAN

ELMA, YUNIRA (2013) PENGARUH LAMA PENGASAPAN TELUR AYAM ASIN DENGAN BAHAN BAKAR SABUT KELAPA (COCO FIBER) TERHADAP KADAR AIR, TOTAL KOLONI BAKTERI, FORMALDEHID DAN UMUR SIMPAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
CRV0155.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama pengasapan yang berbeda pada telur ayam asin asap sehingga menghasilkan produk telur ayam asin asap yang bermutu baik. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 kali ulangan, yaitu lama pengasapan A (3 jam), B (4 jam), C (5 jam), D (6 jam) dan E (7 jam). Adapun peubah yang diamati adalah kadar kadar air, total koloni bakteri, formaldehid dan umur simpan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lama pengasapan telur ayam asin asap menggunakan bahan bakar sabut kelapa berpengaruh berbeda nyata (P<0.05) terhadap kadar air, total koloni bakteri, umur simpan dan tidak adanya terdeteksi formaldehid dalam telur ayam asin asap. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pengasapan 7 jam dengan kadar air 67.05%, total koloni bakteri 11.79 x 104 dan umur simpan 52 hari adalah pengasapan yang terbaik dalam pembuatan telur ayam asin asap pada penelitian ini. Kata kunci: Telur ayam asin asap, kadar air, total koloni bakteri, umur simpan, formaldehid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 11 Aug 2016 09:58
Last Modified: 11 Aug 2016 09:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14742

Actions (login required)

View Item View Item