PEMENUHAN HAK KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK BERDASARKAN UNDANG - UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2008 TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

RHEZA, FIRMANSYAH (2014) PEMENUHAN HAK KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK BERDASARKAN UNDANG - UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2008 TENTANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
CRV0149.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)

Abstract

Hak atas informasi atau right to know merupakan hak asasi manusia yang menjadikan pemerintahan transparan dan partisipatoris. Selama ini hak atas informasi sangat susah didapatkan oleh masyarakat, apalagi kalau informasi itu berkaitan dengan kepentingan publik atau menguntungkan masyarakat. Terlihat pada zaman orde baru, keterbukaan informasi publik dalam memperoleh informasi sangat dibatasi Pemerintah. Dengan alasan kerahasiaan, Pemerintah Orde Baru banyak mengontrol berbagai informasi yang akan keluar dan diterima oleh masyarakat sehingga sangat wajar apabila informasi yang akan disajikan oleh media harus melalui pengawasan yang ketat. Jatuhnya pemerintahan orde baru telah membuka harapan bagi kehidupan bernegara yang lebih demokratis dan keterbukaan Pemerintah terhadap masyarakat menjadi salah satu tuntutan dalam agenda perjuangan reformasi. Pada zaman reformasi sekarang, hak keterbukaan informasi publik sudah dijamin dalam UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Akan tetapi masih terdapat hambatan-hambatan dalam pemenuhan hak keterbukaan informasi publik. Badan Publik belum sepenuhnya menjalankan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bentuk-bentuk hak keterbukaan informasi publik berdasarkan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, pemenuhan hak keterbukaan informasi publik serta kendala yang dihadapi dalam pemenuhan hak keterbukaan informasi publik. Metode penelitian yang digunakan bersifat yuridis sosiologis, yaitu penelitian yang dilakukan dengan menelaah kaedah-kaedah hukum yang berlaku dan melihat pelaksanaannya di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk hak keterbukaan informasi publik, pemenuhan hak keterbukaan informasi publik dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pemenuhan hak keterbukaan informasi publik dan solusi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Serta berusaha mewujudkan pemerintahan yang transparan dengan menjalankan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dengan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 11 Aug 2016 09:41
Last Modified: 11 Aug 2016 09:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14736

Actions (login required)

View Item View Item