ANALISIS OVER CURRENT RELAY (OCR) PADA SALURAN DISTRIBUSI 20 KV TERHADAP KEMUNGKINAN SYMPATHETIC TRIPPING (STUDI KASUS GI PAUH LIMO PADANG)

KHAIRIZVAN, EDWAR (2014) ANALISIS OVER CURRENT RELAY (OCR) PADA SALURAN DISTRIBUSI 20 KV TERHADAP KEMUNGKINAN SYMPATHETIC TRIPPING (STUDI KASUS GI PAUH LIMO PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
11082016 khairizvan e.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)

Abstract

Sistem distribusi energi listrik adalah pengiriman dan pembagian energi listrik melalui suatu jaringan dan perlengkapannya kepada pelanggan atau konsumen pengguna listrik. Sistem proteksi dan pengaman diperlukan untuk memisahkan bagian yang mengalami gangguan dengan yang tidak mengalami gangguan sehingga sistem dapat menjalankan operasinya. Apabila peralatan proteksi atau pengaman memberikan respon yang salah terhadap gangguan maka terjadi symphathetic tripping. Sympathetic tripping atau pada umumnya disebut tripping ikutan/palsu yaitu peristiwa yang menggambarkan kejadian ketika suatu peralatan proteksi pengaman merespon/menanggapi secara salah atau tidak diharapkan pada suatu kondisi atau keadaan sistem tenaga listrik yang sedang mengalami gangguan. Hasil penelitian ini dapat meminimalkan gangguan yang terjadi pada sistem distribusi yang disebabkan oleh gangguan sympathetic tripping dengan menggunakan rele gangguan tanah inverse time pada gangguan satu saluran ke tanah. Kata kunci: Sistem distribusi, sistem proteksi, sympathetic tripping, dan rele inverse time.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 11 Aug 2016 09:20
Last Modified: 11 Aug 2016 09:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14726

Actions (login required)

View Item View Item