PENGARUH JENIS ALAS KANDANG YANG BERBEDA SERTA PEMBERIAN DAUN DAN BIJI KARET (Hevea brasiliensis) FERMENTASI TERHADAP PERFORMANS AYAM BROILER

ZUL, FIKRI (2015) PENGARUH JENIS ALAS KANDANG YANG BERBEDA SERTA PEMBERIAN DAUN DAN BIJI KARET (Hevea brasiliensis) FERMENTASI TERHADAP PERFORMANS AYAM BROILER. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Skripsi)
201601240848th_skripsi fikri fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara jenis alas kandang yang berbeda dengan daun dan biji karet fermentasi (DBKF) terhadap performans ayam broiler serta income over feed cost. Penelitian ini menggunakan 90 ekor ayam broiler umur satu hari (day old chick /DOC) strain Cobb galur CP 707 . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen percobaan petak terbagi (Split Plot) 2x3 dalam RAL dengan 3 kali ulangan dimana setiap unit perlakuan terdiri dari 5 ekor ayam. Petak utama terdiri dari 2, yaitu alas kandang (litter dan kawat). Anak petak terdiri dari 3, yaitu konsentrasi daun dan biji karet fermentasi (0%, 8%, dan 16%). Parameter yang diukur adalah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum dan income over feed cost. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terjadi interaksi (P>0,05) antara alas kandang dengan konsentrasi daun biji karet fermentasi (DBKF) terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum, dan income over feed cost. Sementara antar alas kandang memberikan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum, tetapi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap income over feed cost. Sedangkan antar konsentrasi DBKF menunjukkan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum dan income over feed cost. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa alas kandang litter dengan konsentrasi sampai 16% dapat meningkatkan konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan menurunkan konversi ransum serta menghasilkan income over feed cost yang lebih baik dibandingkan alas kandang kawat dengan konsentrasi yang sama. Kata kunci : Alas kandang, daun dan biji karet fermentasi, income over feed cost, performans.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 11 Aug 2016 07:17
Last Modified: 11 Aug 2016 07:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14720

Actions (login required)

View Item View Item