STUDI EKSPERIMENTAL PERBANDINGAN PERILAKU GESER BALOK BETON BERTULANG SEBELUM DAN SETELAH DIPERKUAT DENGAN METODE GROUTING INJECTION

YOFALDRI, ALRA (2015) STUDI EKSPERIMENTAL PERBANDINGAN PERILAKU GESER BALOK BETON BERTULANG SEBELUM DAN SETELAH DIPERKUAT DENGAN METODE GROUTING INJECTION. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (Tugas Akhir)
201601272111th_last.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prilaku geser balok bertulang yang mengalami kerusakan (retak) dan kemudian dilakukan perbaikan (retrofitting) dengan metoda injeksi cairan epoxy secara eksperimental. Kapasitas geser maksimum spesimen balok beton bertulang sebagai balok kontrol diperoleh dengan pembebanan monotonik 4 titik lentur (four point bending) dan menggunakan software RCCSA. Variasi tingkat kerusakan (retak) balok adalah 45% dan 90% dari kapasitas geser maksimum balok kontrol. Retak pada balok yang telah diperbaiki dengan injeksi cairan epoxy kemudian dibebani kembali sampai mengalami keruntuhan. Dari uji eksperimental diperoleh bahwa perbaikan retak yang terjadi dengan metoda injeksi cairan epoxy dapat mengembalikan kapasitas geser balok sama seperti sebelum mengalami kerusakan (retak) . Kata kunci: Prilaku geser, balok beton bertulang, metoda injeksi , software RCCSA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: Mr Roni Purnama
Date Deposited: 11 Aug 2016 06:57
Last Modified: 11 Aug 2016 06:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14713

Actions (login required)

View Item View Item